‘Si Kambia’ Maskot Porprov Padang Pariaman Resmi Diperkenalkan

Maskot 'Si Kambia' Porprov Sumatera Barat, Padang Pariaman resmi diperkenalkan.
Maskot 'Si Kambia' Porprov Sumatera Barat, Padang Pariaman resmi diperkenalkan.
Maskot 'Si Kambia' Porprov Sumatera Barat, Padang Pariaman resmi diperkenalkan.
Maskot ‘Si Kambia’ Porprov Sumatera Barat, Padang Pariaman resmi diperkenalkan.

Wakil Gurbernur Sumatera Barat Nasrul Abit memperkenalkan logo sekaligus maskot Porprov XV Sumatera Barat Barat tahun 2018, dimana tuan rumah kali ini diselenggarakan di Kabupaten Padang Pariaman.

Perkenalan ini di lakukan di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman, Parit Malintang, Senin (29/1/2018).

Maskot dinamakan ‘Si Kambia’ karena digambarkan sebagai sosok yang kuat, layaknya kesatria atau seorang pelindung yang adil dan bijaksana, juga dikenal memiliki sifat ramah, ceria, suka menolong dan bersahabat.

Maskot ‘Si Kambia’ ini terinspirasi dari banyaknya batang ‘Karambia’ (kelapa) yang tumbuh di Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan, warna ‘Si Kambia’ terinspirasi dari warna logo Kabupaten Padang Pariaman yang terdiri dari warna hijau, kuning, biru dan merah.

Nasrul Abit memuji kinerja Pemerintah Kabupaten Pariaman yang mana penetapan maskot termasuk yang tersepat, sebelumnya penetapan maskot dilakukan April.

“Ini membuktikan Padang Pariaman sudah siap dalam menyelenggaran Porprov,”

Logo ‘Si Kambia’ dilengkapi dengan kotak berwarna hitam berbentuk persegi, obor, gonjong, buah kakau, orang berlari dan biah lingkaran.

Sementara, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukni menyebutkan, khusus untuk pekan olahraga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman mengangarkan dana sebesar Rp 50 miliar dan persiapan diakui sudah mencapai 80 persen.

“Dengan waktu yang masih delapan bulan lagi kita terus melakukan rapat, kordinasi dan evaluasi kerja tim,” jelasnya

Bupati berharap, Pemprov Sumbar memberikan dukungan untuk kesuksesan pekan olahraga ini. “Kami berharap Pemprov mengucurkan dana yang besar untuk membangun stadion utama yang sadang di bangun di Lubuk Alung, karena stadion tersebut digunakan untuk pembukaan Porprov,” kata Bupati.

Porprov kali ini akan mempertandingkan 35 cabang olahraga (Cabor) diharapkan kepada jajaran bekerja dengan keras agar Kabupaten Padang Pariaman menjadi pelaksana Porprov terbaik di Sumatera Barat.

[Rizki Pratama]