Siap-Siap Vaksinasi Akan di Lakukan Mulai Minggu Depan

  • Bagikan

Padang – Penyuntikan vaksin Covid-19 siap dilakukan mulai pekan depan setelah mendapat izin BPOM.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, akan mendistribusikan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 hingga 7 Januari.

“Kami akan tunggu persetujuan BPOM sebelum dimulai penyuntikan di minggu kedua Januari 2021. Kami merencanakan dalam jangka waktu 15 bulan bisa selesaikan vaksinasi 181 juta rakyat. Di ratas tadi Presiden kasih tantangan apakah bisa dipercepat sehingga selesai 12 bulan,” ungkapnya, dikutip dari situs resmi Sekretariat Presiden.

Untuk pelayanan vaksinasi, ia mengimbau agar seluruh, Rumah Sakit, Puskesmas, dan klik untuk segera mendaftar ke aplikasi PCare (Primary Care).

“Bila puskesmas ada kekurangan pendingin untuk simpan vaksin tolong kontak Dinas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan terdekat atau bisa memberi tahu lewat Twitter supaya bisa ditangani,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa vaksinasi untuk tenaga kesehatan akan selesai pada Januari dan Februari 2021.

Tahapan berikutnya kepada 17,4 juta tenaga layanan publik dan 21, 5 juta lanjut usia (lansia) yang dilakukan pada Maret dan April 2021.

“Kami juga minta warga mulai 11 Januari hingga dua minggu ke depannya mengurangi mobilitas agar tidak memberikan tekanan kepada rumah sakit dan tenaga kesehatan yang ada. Cukup 500 orang tenaga kesehatan yang wafat jangan lebih dari itu,” katanya.

  • Bagikan