Sosmedya Perwira Berprestasi Pindah ke Polda Sumbar

  • Bagikan
AKP Sosmedya SH, MH emban amanah baru sebagai Panit 1 Subdit 2 Ditintelkam Polda Sumbar.
AKP Sosmedya SH, MH emban amanah baru sebagai Panit 1 Subdit 2 Ditintelkam Polda Sumbar.
AKP Sosmedya SH, MH emban amanah baru sebagai Panit 1 Subdit 2 Ditintelkam Polda Sumbar.
AKP Sosmedya SH, MH emban amanah baru sebagai Panit 1 Subdit 2 Ditintelkam Polda Sumbar.

KABARSUMBAR-Gelombang mutasi di lingkungan Polda Sumbar, suka tidak suka, ikut menyenggol empat perwira yang bertugas dijajaran Polres Solok. Mereka yang terkena mutasi adalah Kompol Yurnalis, Kabagren Polres Solok digeser menjadi Pamen Polres Solok dalam rangka memasuki pensiun. Yurnalis digantikan Kompol Mohamat Gunawan SH yang sebelumnya sebagai Kasubbagrenmin Bikdum Polda Sumbar.

Dari empat pejabat tersebut, dalam Surat Telegram (ST) Kapolda Sumbar nomor ST/716/VI/2018 yang ditanda tangani Kaur Biro SDM Polda Sumbar Kombes H. Agus Fajar tanggal 28 Juni 2018, hanya Kasat Intelkam AKP Sosmedya SH, MH yang harus meninggalkan “Lubuak Selasih” untuk kemudian menunaikan jabatan barunya pada Panit 1 Subdit 2 Ditintelkam Polda Sumbar.

Jabatan yang ditinggalkan Sosmedya segera akan diisi AKP Nanang Irawadi, SH yang sebelumnya menjadi Panit 1 Subdit 1 Ditintelkam Polda Sumbar. Sementara tiga perwira lainnya, seperti Kapolsek Payung Sekaki Iptu Evi Wansri dimutasi sebagai Kapolsek Pantai Cermin menggantikan Iptu Iwan Ariyadi, SH yang diangkat menjadi Kasubagdalops Bagops di Mako Polres Solok. Jabatan Polsek Payung Sekaki diisi oleh Iptu Mukhlis dari Kasiwas Polres Solok Selatan.

Kepindahan Sosmedya mestinya tidak harus mengagetkan, karena lebih dari separuh kariernya sebagai polisi telah dihabiskan di Kabupaten Solok. Bahkan dalam jabatan kepala satuan Intelkam Polres Solok saja, Sosmedya telah menjalaninya sejak 27 November 2014. Jadi, ini kepindahan yang lazim. Tetapi banyak kalangan menjadi terkejut, bahkan terkesan galau karena sebelumnya “tidak ada cewang dilangit” sebagai tanda-tanda mutasi.

Alumni SMA 4 Padang kelahiran tanggal 4 September 1974 itu, tiba-tiba mengaku akan meninggalkan koleganya di Arosuka. “Iya, saya pindah bertugas. Sebagai abdi masyarakat, kita siap dipindahkan kapan saja,” ungkap Sosmedya.

Suami Lisa Yulia, SE itu masih tertawa saja ketika mengakui berita kepindahannya. Tetapi binar bola matanya tidak bisa mendustai keharuan yang dialaminya. Betapa tidak, banyak suka duka, pengalaman dan peristiwa yang dilewatinya bersama teman-temannya di Polres Solok. “Bang Andi Bule manangih pak Kasat tinggaan,” kata Riki Candra, wartawan Jawa Pos.com mengungkapkan keharuan anggotanya dijajaran 6 Satintelkan Polres Solok.

Bahkan, sosok familiar yang kerap membuat orang terkecoh karena tidak menyangka Perwira Polisi ini sangat dekat hubungannya dengan tokoh masyarakat, Niniak Mamak dan bundo Kanduang. Dengan kelompok pemuda dan rakyat badarai pun, ayah tiga orang anak itu memiliki hubungan emosional yang tinggi. Dengan kalangan wartawan, jangan disebut lagi. “Bergelut” saja saban hari. Dengan pengurus dan anggota PWI Kabupaten Solok, Sosmedya adalah teman diskusi yang sangat edukatif.

Dalam “bakasieh”, denai batinggakan. Begitu tulis Yutiswandi, wartawan harian Haluan yang mengaku kerap bercengkrama sembari ngopi bareng di ruang kerjanya yang kecil untuk ukuran jabatan Kasat Intel Polres Solok. “Selamat menempati kursi baru bang Sos. Semoga berkah dan sukses. Allahumma Aamiin,” sambung Wandi.

Menelusuri jejak karier AKP Sosmedya SH, MH, pertama masuk menjadi polisi ia menyandang pangkat Sersan Dua (Serda) tanggal 17 Juni 1996. Tiga tahun berikutnya, tanggal 28 Desember 1999, Sosmedya naik menjadi Serka. Lalu, pangkat Brigadir diperolehnya tanggal 23 Desember 2003, sampai akhirnya memperoleh kenaikan pangkat menjadi Bripka pada 4 Desember 2007.

Anak ke 5 dari 6 bersaudara buah hati dari pasangan Rusli K dan Rabain itu kemudian mendapat kesempatan mengikuti Pendidikan Secapa Polri dengan mengambil jurusan Dikbang Spesialis Lidik Sosek Intel. Sampai masanya, tanggal 10 Oktober 2010, Sosmedya lulus dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda). Dari situ, alumni Fakultas Hukum STIH Soeltan Mtsyafiudin Singkawang Kalbar ini kemudian dipercaya sebagai Kepala SPKT Polres Solok pasa November 2010.

Empat tahun berikutnya, ayah tiga orang putra ini, M. Ahza Medly (SD), M. Faizi Medly (SD) dan M. Raziq Medly (belum sekolah) ini mendapat job pangkat baru sebagai Iptu pada 10 Oktober 2010. Jabatan KBO Sat Intelkam dipercayakan kepada pria gampang senyum ini pada 22 Maret 2011. Tiga tahun berikutnya, masih berpangkat Iptu, tanggal 27 November 2014, Sosmedya di promosi menjadi Kasat Intel Polres Solok.

Dalam perjalanan tugas, pangkat AKP ( Ajun Komisaris Polisi) juga diperolehnya pada 1 Januari 2017. Menyusul kemudian Sosmedia berhasil menamatkan pendidikan Pasca Sarjana Fakultas Hukum Unand Padang.

[fernandez]

  • Bagikan