Sumatera Barat Terbaik Dalam Pelayanan Pengaduan Publik Melalui SP4N LAPOR

Padang – Sumatera Barat menempati peringkat pertama dari 34 provinsi di Indonesia sebagai provinsi terbaik yang memiliki tingkat penyelesaian pengaduan tertinggi di dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional / Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR).

Hal ini terungkap pada rapat Monitoring dan Evaluasi Layanan Pengaduan dan Informasi Publik lingkup pemerintah, yang diselenggarakan oleh Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, pada Kamis, 18 Juni 2020.

Rapat ini diikuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dan Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat bersama dinas dan organisasi terkait lainnya se-Indonesia secara virtual dan dihadiri berbagai pejabat publik, mulai dari Ketua Komisi Informasi Pusat hingga staf ahli Kementerian Dalam Negeri.

Rapat ini pun mengungkapkan bahwa di Indonesia hanya ada tujuh provinsi yang masuk kategori lengkap terkait laporan yang disampaikan oleh pemerintah provinsi. Di samping Sumatera Barat, ada DKI Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Sumatera Selatan.

“Pemerintah Provinsi untuk aktif melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pelayanan pengaduan pengelolaan informasi publik kabupaten/kota yang ada di bawahnya,” ujar Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar.

Kegiatan monitoring dan evaluasi bersama Kemendagri ini merupakan kerjasama antara Kemenpan RB dan Kemendagri dalam hal pengaduan pelayanan publik melalui aplikasi SP4N-LAPOR! yang telah ditetapkan sebagai satu-satunya aplikasi pusat dan telah terintegrasi.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...