Sumbar Akan Bentuk Perangkat Organisasi Ajukan Warisan Budaya ke UNESCO

Padang – Dalam Webinar Hubungan Internasional yang digelar secara daring di ruang kerjanya pada Selasa, 14 Juli 2020, Gubernur Sumbar mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga warisan budaya dan menjaga keasliannya, apalagi warisan budaya yang telah diakui secara internasional. Karena untuk mencapai itu semua tidaklah mudah, butuh proses dan dukungan stakeholder yang terlibat.

Hal ini disampaikannya ketika membahas tentang Sumatera Barat yang memiliki warisan budaya yang telah diakui oleh UNESCO, seperti Pencak Silat dan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (Tambang Batubara Sawahlunto).

“Insha Allah kita akan menjaga keaslian yang sudah ada ini,” ucap Gubernur.

Gubernur pun mengungkapkan rencana untuk mengajukan budaya lain sebagai salah satu warisan budaya lokal untuk dapat diproses dan diakui pusat maupun UNESCO. Salah satunya adalah pantun.

Untuk itu, Pemprov Sumbar akan menyiapkan rekomendasi agar dapat mengusulkan warisan budaya tersebut dengan membentuk perangkat dan struktur organisasi yang terpadu dengan melibatkan kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Kedepannya Gubernur berharap warisan budaya yang diusulkan dari Sumbar tercapai, dan warisan yang telah diakui dapat menjadi objek wisata yang diminati dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung serta mensejahterakan masyarakat Sumbar.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...