Survei INES, Deddy Mizwar Berpotensi Menangkan Pilgub Jabar

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Foto : Beritagar
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Foto : Beritagar

Indonesia Network Election Survei (INES) menilai sosok Deddy Mizwar menjadi Calon Gubernur paling berpotensi memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Bawar tahun 2018.

Direktur INES, Sutisna mengatakan, pihaknya telah menggelar riset untuk mengetahui tingkat elektabilitas dari lima tokoh yang mencuat dalam konstelasi kali ini.

Kelima tokoh itu diantaranya, Wakil Gubernur Jabar saat ini Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat Dede Yusuf, dan Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka.

“Berdasarkan sruvei, Deddy Mizwar memiliki tingkat popularitas yang paling tinggi dengan 79,2% disusul, Rieke Dyah Pitaloka 70,2%, Dede Yusuf 70,1%, Dedi Mulyadi 56,7%, dan Ridwan Kamil 53,8%,” kata Sutisna di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Deddy sendiri sebelumnya terkenal sebagai artis perfilman itu bertengger diperingkat teratas tingkat keterpilihan dengan pilihan 82,4% responden yang menilai dirinya mampu pimpin Jabar. Sedangkan ditempat kedua disusul Rieke Dyah Pitaloka dengan 75,2%.

“Posisi setelah Ryeke ada Dedi Mulyadi dengan 73,5%, Dede Yusuf 70,7% dan terakhir Ridwan Kamil dengan 67,9%,” tambah Sutisna.

Sedangkan untuk tingkat penerimaan, Deddy Mizwar dianggap mampu merangkul dan berdiri diatas semua golongan dengan pilihan responden sebanyak 89,3%, Rieke Dyah Pitaloka 70,2%, Dede Yusuf 68,2%, Dedi Mulyadi 67,4% dan Ridwan Kamil 64,3%.

“Para responden juga ditanya tentang tokoh yang mereka anggap paling berintegritas dengan indikatornya adalah bermoral, satu dalam kata dan perbuatan, bersih dari cacat moral, etik dan hukum,” jelas Sutisna.

Deddy Mizwar pun dinilai sebagai tokoh yang paling berintegritas dengan raihan 89,3%. Selanjutnya Dedi Mulyadi 71,2%, Dede Yusuf 69,4%, Rieke Dyah Pitaloka 67,2%, serta Ridwan Kamil dengan 65,2% %.

Survei sendiri dilakukan pada 19 -30 Agustus lalu, meliputi 27 kabupaten/kota di Jawa barat dan melibatkan 1.985 responden yang dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling. Mereka adalah warga Jabar yang telah mempunyai hak pilih.

Untuk perbandingan, DPT Pilpres 2014 lalu sebanyak 33.045.101 penduduk.Adapun Margin of error dari survei ini lebih kurang 2,2% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...