Tiga Nagari Dukung Pacu Kuda, Tapal Batas Nagari Tetap Ditindaklanjuti

Fhoto : Musyawarah bersama utusan masyatakat tiga nagati yakni Saruaso, Baringin dan Pagaruyung tentang pelaksanaan alek anak nagari Pacu Kuda 2018, di Aula Eksekutif Kantor Bupati Tanah Datar, Selasa (18/09). (Rey)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR.COM – Masing-masing Nagari, yakni Pagaruyung, Saruaso dan Nagari Baringin sepakat dilaksanakan pacu kuda di Lapangan Dang Tuanku, walau pelaksanaannya sempat batal pada tahun lalu, namun ketiga nagari tersebut tidak akan menghambat “alek nagari” itu.

Hal itu disampaikan oleh utusan tiga nagari dalam rapat koordinasi musyawarah bersama yang dihadiri oleh Bupati Tanah Datar Irfinansyah Tarmizi, Dandim 0307 TD Letkol Inf. Edi Sugiarto serta Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas serta unsur masyarakat tiga nagari Aula Eksekutif Kantor Bupati, Selasa (18/9).

“Kami sepakat dan mendukung pelaksanaan pacu kuda di lapangan Dang Tuanku yang berada di Kabupaten Tanah Datar. Untuk penyelesaian tapal batas tetap ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah sebagai prioritas,” ucap Tokoh Masyarakat utusan Nagari Saruaso Efendi Intan Gagah yang seirama dengan tanggapan Wali Nagari Baringin Irman Idrus dan Wali Nagari Pagaruyung Irmaidinal.

Dalam musyawarah ini, Efendi juga meyebutkan jika pelaksanaan alek nagari pacu kuda yang ditunggu oleh kalangan masyarakat ini, dan sebagai bahagian dari masyarakat Saruaso, ia meminta untuk tetap melibatkan pemuda dan masyarakat Saruaso dalam kepengurusan alek pacu kuda ini.

“Secara hubungan kekeluargaan, masyarakat Saruaso dengan masyarakat di Bukit Gombak selama ini tidak pernah ada permasalahan, tapi secara administrasi negara, batas batas nagari harus ditentukan oleh pemerintah, namun hal ini tidak harus menghambat pelaksanaan pacu kuda ini,” ungkap Ketua Lembaga Unsur Pemuda Nagari Saruaso itu.

Sebaliknya ucap Efendi, dalam musyawarah bersama itu sudah saling mendengar kesepakatan bersama, antara tiga nagari yang berdekatan untuk mendukung “alek anak nagari”, dan pemerintahpun berjanji akhir tahun 2018 ini tapal batas nagari sudah disepakati.

“Intinya, dalam rapat sudah ada keputusan, bahwasanya masing-masing Nagari sepakat dilaksanakan pacu kuda, dan tapal batas dirampungkan hingga akhir tahun 2018 antara nagari Saruaso, Baringin hingga Pagaruyung,” pungkasnya.

Dengan kesepakatan masyarakat itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi  berharap agar apa yang menjadi permasalahan selama ini dapat segera tuntas sehingga Pacu Kuda  dapat terlaksana dengan lancar dan aman.

“Kita mengetahui salah satu permasalahan tidak terlaksananya Pacu Kuda beberapa waktu silam adanya perdebatan tapal batas antara nagari Saruaso dan nagari Baringin. Untuk itu kita telah intruksikan OPD erkait agar segera menyelesaikanya sebagai upaya pemecahan masalah yang selama ini menjadi halangan terlaksananya Pacu Kuda,” ujar Bupati.

Tak hanya itu Bupati mengatakan permasalahan ini dapat terselesaikan  jika kedua pihak dapat saling mendukung tanpa menghilangkan hak-hak dan kewenangannya masing-masing.

“Sengaja kita adakan rapat ini dengan menghadirkan tokoh masyarakat, niniak mamak serta unsur masyarakat baik dari nagari Baringin maupun nagari Saruaso untuk bermusyawarah bagaimana kita dapat melaksanakan Pacu Kuda di tahun ini. Sebagaimana diketahui masyarakat sangat merindukan terselengaranya “alek Nagari” tersebut di Tanah Datar,” ucap Bupati.

Dikesempatan itu pula Dandim 0307 TD Letkol Inf. Edi Sugiarto menambahkan Pacu Kuda sebagai wadah rekreasi nasyarakat yang diharapkan dapat segera terlaksana sebagai rangkaian HUT TNI ke 73 disamping mewujudkan kerinduan masyarakat akan “Alek Nagari” yang sempat tertunda di tahun 2017 silam.

“Dirapat inilah kita tentukan harapan masyarakat untuk melaksanakan Pacu Kuda ini. Jangan hiraukan pihak atau oknum yang tidak ingin agenda daerah ini terlaksana. Mari kita duduk bersama berpikir secara jernih untuk kepentingan masyarakat Tanah Datar pada umumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas dalam hal ini mendukung telaksananya Pacu Kuda serta mengajak seluruh pihak ikut serta mendukung kegiatan tersebut.

“Semoga kita semua sepaham untuk mengadakan Pacu Kuda yang memang sangat dinanti masyarakat Tanah Datar, saya peribadi mendukung terlaksananya Pacu Kuda ini,” ucap Kapolres. (Rey/ddy)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...