Tim Pengabdian Masyarakat UNP Lakukan Kegiatan Penguatan Kapasitas Pemerintah Nagari

Pessel-Untuk memperkuat kapasitas Pemerintah Nagari Binjai Tapan beserta para pemangku kepentingan lainnya dalam perumusan kebijakan di Tingkat Nagari, maka pada Tahun 2022 ini Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan rangkaian kegiatan pelatihan, brainstroming dan pendampingan.

Kegiatan yang telah dilakukan adalah bagian dari Program Pengembangan Nagari Binaan dengan tema “Good Public Policy in Nagari”: Solusi Untuk Permasalahan Sosial Ekonomi Masyarakat Berbasis Kebijakan Deliberatif Di Nagari Binjai Tapan”

Pada Kegiatan workshop yang dilakukan untuk peningkatan kapasitas perumusan kebijakan pada Pemerintah Nagari Binjai Tapan yang dihadiri dan diikuti oleh Camat Ranah Ampek Hulu Tapan Mar Alamsyah S.STP, M.A., Wali Nagari Binjai Tapan, Ketua Bamus dan Pendamping Ahli Desa dari Kemendes PDTT serta Para Perangkat Nagari dan Anggota Bamus.

Sementara itu Tim dari UNP dipimpin oleh Zikri Alhadi, dengan Anggota Tim adalah Rahmadani Yusran dan Azhari Syarief  menjadi instruktur dalam kegiatan workshop tersebut. Adapun materi workshop yang diberikan adalah: pemahaman terhadap landasan aturan hukum perumusan peraturan nagari dan teknik praktis perumusan kebijakan.

Diharapkan dengan memahami materi workshop tersebut, maka pemerintah nagari beserta pemangku kepentingan lainnya mempunyai kapasitas yang cukup untuk merumuskan kebijakan yang menjadi solusi dalam mengatasi beragam persoalan yang ada di Nagari.

Dalam proses workshop tersebut persoalan nagari yang mencuat selama diskusi, beberapa diantaranya adalah: masalah peningkatan Pendapat Asli Nagari, Pemeetaan Potensi Nagari, Ketentraman dan Ketertiban di Tingkat Nagari dan Dinamika Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Selama kegiatan workshop tersebut peserta cukup antusias dan aktif dalam sesi diskusi sehingga semakin memperkaya pemahaman peserta terkait perumusan kebijakan. Kegiatan ini selanjutnya diikuti dengan pendampingan kepada mitra agar mencapai target yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

Diharapkan dengan adanya program ini, lahirlah sebuah good public policy yang bisa memecahkan persoalan sosial ekonomi nagari dengan metode deliberatif.