UMKM Jadi Potensi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Solok

Kota Solok memiliki posisi strategis sebagai pintu masuk menuju jantung provinsi Sumatera Barat, dimana sebagai kota perdagangan dan jasa.

Tentunya ini menjadi nilai modalitas bagi masyarakatnya khususnya sebagai pelaku usaha tentu dituntut lebih kreatif dan inovatif.

Dengan demikian masyarakat pelaku usaha di Kota Solok akan mampu bersaing dengan menghasilkan produk yang diinginkan pasar.‎

Walikota Solok, Zul Elfian berharap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Solok memang harus mampu membaca peluang pasar.

Dan tuntutan pelaku usaha untuk dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis usaha serta kualitas produksi usahanya sudah merupakan tuntutan pasar.

“Pelaku UMKM di Kota Solok hendaknya juga dapat memperluas jaringan distribusi pemasaran produk usahanya dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas,” ujarnya.

UMKM sangat berperan dalam menunjang pembangunan ekonomi daerah. Dengan demikian, menurut Z Elfian, pemerintah juga sangat berperan dalam memfasilitasi perkembangan dan kemajuan usaha masyarakat di daerahnya.

“Dengan berkembangnya usaha masyarakat yang berbasis sumber daya lokal dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memanfaatkan potensi sumber daya daerah yang tersedia hingga bernilai ekonomis merupakan kekuatan ekonomi daerah yang harus dikembangkan,” tambahnya.

Mengingat pentingnya peran UMKM, lanju Zul Elfian, diperlukan suatu langkah strategi untuk mengembangkan UMKM agar dapat lebih berperan lagi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal dan nasional.

Setidaknya, dalam menghadapi ekonomi dunia yang semakin global, dengan telah dibukanya perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Menurut Zul Elfian, pemerintah pusat maupun daerah dituntut untuk lebih memprioritaskan dukungannya terhadap pemberdayaan UMKM agar bisa memiliki daya saing secara global.

Untuk itu Pemerintah Kota Solok lebih mampu membina para pelaku usaha.

Baik dalam hal pemasaran maupun dalam memberikan pelatihan bagi pelaku usaha itu sendiri.

Dengan diadakan pelatihan UMKM, setidakya para pelaku UMKM dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA.

Selain itu, katanya tujuan dilaksanakanya pelatihan itu adalah untuk menumbuhkan motivasi agar pelaku usaha didaerah itu mau berinovasi dalam semua bidang usaha yang digelutinya.

[Fernandez]