2019, BLK Padang Akan Latih 16 ribu Peserta

PADANG, KABARSUMBAR – Untuk menunjang kinerja di daerah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi provinsi Sumatera Barat 12 Balai Latihan Kerja (BLK) di wilayah kerjanya.

12 BLK itu terdiri dari 1 BLK UPTP, 2 BLK Provinsi dan 9 BLK UPTD.

Tahun 2019, BLK akan membuka pelatihan sebanyak 10.176 orang yang dibiayai dari dana negara atau APBN.

UPTP BLK Padang memiliki wilayah kerja pada tiga provinsi, yaitu Provinsi Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau. Ketiganya terdiri dari 19 BLK UPTD dan 3 BLK Komunitas, yang akan melatih peserta pelatihan sebanyak 16.000 orang dengan pendanaan dari APBN dan APBD tahun 2019.

Sebelumnya Jumlah peserta pelatihan yang ikut di BLK Sumatera Barat tahun 2018 berjumlah 5.728 peserta pelatihan dan 40 persen dari peserta pelatihan tersebut terserap dalam dunia kerja.
Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia terus mendukung dan meningkatkan program serta peralatan pelatihan yang ada di wilayah kerja BLK Padang.

Selain itu, untuk mewujudkan dan mendukung pelatihan ini juga di fasilitasi dengan peralatan pelatihan berbasis 4.0 yang diberikan kepada 3 BLK UPTD di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 dan 7 BLK UPTD pada tahun 2018.

Hal ini dilakukan dalam upaya penyerapan di sektor kecil, menengah, dan besar yang tidak hanya berfokus di Sumatera Barat, namun juga sampai ke Kota Batam Kepulauan Riau, Pekanbaru, Bekasi, Surabaya, dan Kota lain di Indonesia. Hal ini dilakukan karena kondisi perusahaan yang ada di wilayah Sumatera Barat tidak sebanyak atau sebanding di wilayah Provinsi dan kabupaten/kota lainnya.

Sejak tahun 2017, 12 BLK inipun melakukan langkah-langkah kerjasama dengan perangkat walinagari atau desa untuk pemberdayaan masyarakat nagari atau desa melalui pelatihan keterampilan di bidang Otomotif sepeda motor, pakaian dasar, Membatik, Tenun, Auto cad bangunan, desain grafis.

Hal itu dalam rangka melatih dan menyerap tenaga kerja di wilayah nagari/desa melalui pendirian Bumnag/Bumdes yang di dalamnya adalah peserta pelatihan dari BLK yang sudah memiliki kompetensi.

Kurikulum yang dilaksanakan di BLK Padang sesuai dengan regulasi Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan SKKNI, standar khusus dan standar internasional di sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk saat ini BLK Padang telah banyak menciptakan peserta pelatihan yang kompeten dan sudah ada yang bekerja di berbagai bidang usaha, antara lain di PT. Kunango Jantan Padang , PT. Mitra Kerinci Jambi, PT. Panca Karya Bekasi, PT. Bahari Marine Tanjung Priuk Jakarta, Kanwil BPN/Kantor Pertanahan di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, dll.

Sejak tahun 2018, sudah di susun anggaran pelatihan kesiapan untuk bekerja ke luar negeri.

Untuk BLK Padang sudah menyelenggarakan program pelatihan Bahasa Jepang sejak Februari 2019, yang nantinya penyerapan tenaga kerja nya bisa di Industri atau Pabrik di negara Jepang, dalam hal ini UPTP BLK Padang bekerja sama dengan Yayasan Yukotesa mirai.

Selain itu, hingga saat ini perwakilan perusahaan Jepang telah tiga kali melakukan seleksi langsung kemampuan peserta pelatihan BLK Padang.

Untuk tenaga perawat di Jepang juga sudah disiapkan untuk paket pelatihan ini, guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang akan di kirim ke negara Sakura tersebut.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...