5 Penyanyi Minang Yang Legendaris dan Populer

Hetty Koes Endang masih eksis di dunia musik sampai sekarang. Foto: Internet

Padang – Memiliki karir yang sangat memuncak pada zamannya, masih banyak yang belum tahu, ada beberapa penyanyi Minang yang legendaris dan populer. Bahkan, masih dikenang hingga sekarang. Lagu-lagu yang dibawakan oleh penyanyi ini selalu membekas di hati para penikmat musik Minang. Saking membekasnya, lagu dari penyanyi ini banyak dicover saat ini.

Berikut rangkuman beberapa penyanyi berdarah Minang yang menjadi legenda, dan patut untuk diketahui sebagai pencita musik Minang.

1. Elly Kasim

Elly Kasim. Foto: Internet

Pertama penyanyi Minang legendaris yaitu Elly Kasim. Elly Kasim lahir di Tanjung Muara Agam, pada 27 September 1944. Ia mulai terjun ke dunia tarik suara pada tahun 1961, dalam usia 17 tahun. Sampai sekarang ini, ia telah merilis lebih dari 100 album solo.

Dari sekian banyak album Elly Kasim, yang paling terkenal adalah lagu Din Din Ba Din Din, Kasiah Tak Sampai, Rang Talu, Kelok 44 dan lainnya.

Elly Kasim merupakan seorang penyanyi yang memiliki suara yang merdu, paras yang cantik dan memiliki lagu-lagu yang tren pada zamannya.

2. Tiar Ramon

Tiar Ramon. Foto: Internet

Tiar Ramon sama dengan Elly Kasim, ia juga dikenal sebagai seorang penyanyi yang legendaris dan popular. Tia Ramon lahir di Padang Pariaman pada tanggal 12 Januari 1960. Ia mulai berkarir pada tahun 1960, tetapi pada tahun 1999 ia jatuh sakit dan akhirnya wafat dan dimakamkan di TPU Sungai Geringging, Kab. Padang Pariaman.

Lagu-lagu terbaik yang dimiliki oleh Tiar Ramon yaitu Usah Diratoki, Pasan Mande, Bungo Larangan dan masih banyak lagi.

3. Zalmon

Penyanyi legenda Minang, Zalmon. Foto: Internet

Selanjutnya Zalmon atau Syamsurizal, ia lahir di Jakarta pada 15 September 1954 dan wafat pada 21 Mei 2011. Ia lahir di Ibukota, tetapi ia laktif bernyanyi sekaligus menciptakan dan membawakan lagu-lagu Minang.

Zalmon memulai karirnya pada tahun 1989, yang mana lagu pertamanya yang berjudul Nan Tido Manahan Hati lagu ini sangat terkenal pada tahun 2000-an. Dengan lagu ini ia terkenal di public dan berhasil merilis album sebanyak 120 lbum solo. Selain terkenal dengan lagunya, Zalmon juga terkenal dengan lekukan suara yang merdu sehingga dapat menyayat hati pendengarnya.

4. Hetty Koes Hendang

Hetty Koes Endang masih eksis di dunia musik sampai sekarang. Foto: Internet

Hetty Koes Hendang merupakan musisi senior yang berasal dari Sunda-Minang. Ia lahir di Jakarta pada 6 Agustus 1957. Ia memulai karirnya pada usia 15 tahun, yaitu pada tahun 1972.

Hetty Koes Hendang tidak banyak membawa lagu yang berbahasa Minang, tetapi popularitasnya sangat memuncak saat membawakan lagu Minang yang berjudul Pulanglah Uda. Bahkan hingga sekarang lagu tersebut masih hangat dan banyak dicover oleh musisi-musisi Minang lainnya.

Tidak hanya terkenal sebagai musisi, Hetty Koes Hendang juga merupakan pemeran dari beebrapa film yaitu Akulah Vivian, Memble Tapi Kece dan lainnya.

5. Nedi Gampo

Nedi Gampo. Foto: Internet

Selanjutnya Nedi Gampo atau yang memiliki nama asli Nedi Erman, ia lahir di kabupaten Tanah Datar, pada 23 April 1965 dan wafat pada 28 Februari 2019. Selain penyanyi legendaris, Dedi Gampo juga merupakan seorang pembawa acara, comedian dan pencipta lagu.  Ia memulai karirnya pada tahun 1993 dengan lagu yang dibawakannya bernuansa komedi serta dibarengi dengan nasehat. Seperti lagu yang berjudul Uia-Uia Mintak Gatah, lagu ini menyidir pergaulan muda-mudi zaman sekarang, tetapi liriknya kental dengan humor.

Itulah nama-nama penyanyi Minang yang legendaris dan populer. Jadi, musisi manakah yang merupakan favorit kamu?