5 Pulau yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan. Foto: Internet

Padang – Saat mengunjungi Sumatera Barat yang kental dengan adat istiadatnya, jangan sampai melewatkan destinasi pulaunya. Sebagai wilayah baratnya Sumatera, wilayah urang awak ini banyak memiliki pulau yang cantik dan menakjubkan.

Berikut beberapa rekomendasi pulau yang bisa menjadi pilihan ketika ingin berlibur kesana, diantaranya:

1. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan, foto: internet

Pulau Pamutusan terletak di Bungus Teluk Kabung, Padang. Pulau ini dapat ditempuh menggunakan kapal kecil sekitar 1 jam perjalanan dari Muaro, Kota padang. Pulau ini dinamakan Pulau Pamutusan karena terdapat semenanjung yang berubah menjadi daratan berpasir putih ketika air laut surut.

Kalian bisa mencoba berbagai kegiatan, salah satunya snorkeling. Selama menyelam, kalian akan disuguhkan dengan pesona binatang laut dan cantiknya terumbu karang. Disini kalian bisa menikmati keindahan laut dengan jelas karna airnya yang sangat jernih. Setelah puas bermain main di pantai, kalian bisa menikmati kegiatan lain. Kalian dapat mencoba  hiking ke atas bukit, untuk menikmati keindahan Pamutusan dari atas dengan jelas.

2. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan. Foto: Internet

Pulau Pasumpahan terletak di perairan Bungus Teluk Kabung dan memiliki luas sekitar 5 hektar. Pulau ini diminati wisatawan karena pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang jernih.

Saat menginjakkan kaki di Pulau Pasumpahan, kalian bisa menikmati berbagai fasilitas seperti warung-warung milik warga, serta penginapan yang bisa kalian tempati saat bermalam disana. Selain menyewa penginapan, kalian juga dapat menyewa tenda atau membawa tenda dari rumah untuk berkemah di tepi pantai.

3. Pulau Siberut

Pulau Siberut, foto: internet

Pulau Siberut merupakan pulau terbesar di Kepulauan Mentawai. Pulau dengan luas 3.838 km2 ini merupakan rumah bagi suku Mentawai. Pulau ini dipenuhi hutan dan di Paro baratnya ditetapkan sebagai Taman Nasional Siberut pada 1993.

Pulau ini terkenal akan sebaran primata seperti bilou, langgur buntut babi, dan langur Mentawai. Selain itu pulau ini menyimpan keanekaragaman hayati yang sangat indah dan unik.

4. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak. Foto: Internet

Pulau Cubadak merupakan salah satu pulau indah yang berada di kabupaten Pesisir Selatan. Pulau ini sangat cantik dengan pasir putih berkilau dan air laut yang berwarna biru jernih. Pulau Cubadak merupakan perairan yang tenang dan memiliki keindahan bawah laut yang sangat memukau, sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi menyelam. Pulau ini sangat cocok bagi kamu yang ingin refreshing dan menenangkan diri dari hingar-bingar perkotaan.

5. Pulau Sipora

Pulau Sipora, foto: internet

Pulau Sipora  merupakan salah satu pulau kecil nan cantik di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pulau ini terletak di antara kepulauan Pagai dan Siberut. Di pulau ini pula terletak ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai yakni Tua Pejat.

Gulungan ombak yang menantang menjadi daya tarik wisata bagi kalian yang memiliki hobi berselancar. Wisata berselancar menjadi daya tarik tesendiri bagi wisatawan lokal hingga mancanegara, dengan waktu terbaik untuk berselancar pada bulan April hingga Oktober.

Kalian juga dapat menikmati keindahan Pulau Sipora dengan berkeliling menggunakan speed boat. Selain itu kalian juga bisa melihat keindahan bawah laut dengan diving dan snorkeling.

Itu tadi 5 pulau yang wajib kalian datangi saat berkunjung ke Sumatera Barat. Dari kelima pulau tersebut, mana nih yang sangat ingin kalian kunjungi?

Liyyanan Nadhira Z