Travel  

7 Batagor Paling Enak di Bandung

Batagor Khas Bandung. Foto : Selerasa
Batagor Khas Bandung. Foto : Selerasa

Berkunjung ke Bandung rasanya tak lengkap jika tak mencicipi langsung kuliner khas Bandung yakni batagor. Rasa gurih pada batagor berpadu dengan kuah kacang yang pedas dan manis menambah kenikmatan tersendiri saat mencicipinya.

Batagor merupakan makanan hasil adaptasi antara budaya Tionghoa dan Indonesia. Umumnya, makanan ini berasal dari adonan bakso dan tahu yang digoreng lalu dijuluki Batagor.

Nah, di Bandung, batagor dibagi menjadi dua yakni batagor kering dan batagor kuah. Keduanya memiliki ciri khas masing-masing dan pastinya jadi kudapan wajib saat berwisata ke Kota Kembang ini.

Dalam penyajiannya, batagor kering biasanya digoreng dan disiram dengan kuah kacang, sedangkan batagor basah dihidangkan dengan kuah mirip bakso.

Ketika Anda memutuskan untuk berkunjung ke Bandung, ada banyak transportasi yang bisa dipilih salah satunya menumpang kereta api (KA).

Nah, bagi Anda yang tinggal di Jakarta, bisa membeli tiket kereta Jakarta Bandung melalui aplikasi jual beli tiket Traveloka. Selain mudah, praktis, dan aman, Anda juga akan mendapatkan banyak diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan. Lantas, batagor Bandung mana saja yang sebaiknya dicicipi saat ke Bandung? Berikut ini daftar batagor terbaik di Bandung!

1. Batagor Haji Yunus

Salah satu batagor legendaris yang wajib dicoba saat ke Bandung ialah Batagor Haji Yunus. Kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Selain itu, Batagor Haji Yunus ini juga jadi salah satu kuliner batagor yang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1972.

Di Batagor Haji Yunus, Anda dapat memilih batagor kuah atau batagor kering sesuai selera. Batagor Haji Yunus ini terletak di Jalan Raya Kopo No. 68, Kota Bandung, buka dari jam 07.00-21.00 WIB.

2. Batagor Haji Isan

Rekomendasi batagor paling lezat di Bandung berikutnya ialah Batagor Haji Isan. Batagor ini juga termasuk dalam batagor legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1968. Batagor Haji Isan ini juga memiliki cita rasa yang tak kalah enak dengan perpaduan bumbu kacang yang manis, gurih, dan pedas.

Batagor Haji Isan ini berlokasi di Jalan Bojongloa No.38, Astanaanyar, Kota Bandung, buka dari jam 09.00-19.00 WIB.

3. Batagor Riri

Batagor Riri juga menjadi salah satu batagor khas Bandung yang tak boleh dilewatkan karena diakui kelezatannya oleh banyak wisatawan.

Selain bisa dimakan ditempat, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh dalam bentuk beku atau frozen yang lebih tahan lama untuk perjalanan pulang ke rumah. Batagor Riri terletak di di Jalan Burangrang No.41, Lengkong, Kota Bandung, buka dari jam 08.00-20.00 WIB.

4. Batagor dan Cuanki Serayu

Rekomendasi pilihan batagor selanjutnya ialah Batagor dan Cuanki Serayu. Ini merupakan salah satu batagor favorit masyarakat Bandung. Anda akan merasakan ketagihan ketika mencicipi Batagor dan Cuanki Serayu ini sejak di gigitan pertama sehingga 1 porsi saja tidak cukup untuk sekali makan.

Selain itu, Batagor dan Cuanki Serayu juga menyediakan menu batagor kuah yang dicampur dengan bakso aci cuanki sehingga kenikmatannya pun semakin istimewa. Batagor dan Cuanki Serayu berlokasi di Jalan Serayu No.2, Cihapit, Kota Bandung serta buka dari jam 11.00-19.00 WIB.

5. Batagor Kingsley

Pastinya Anda sudah familiar dengan Batagor Kingsley? Lokasinya yang strategis yakni di tengah pusat kota Bandung menjadikan Batagor Kingsley sebagai salah satu kuliner paling hits di Kota Kembang ini. Salah satu ciri khas Batagor Kingsley  ialah ukurannya yang super besar.

Tak hanya itu, Batagor Kingsley juga nikmat dan rasa tengirinya pun kental. Ia kerap dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung oleh banyak Wisatawan. Batagor Kingsley berada di Jalan Veteran No.25, Kota Bandung, buka dari jam 08.30-18.30 WIB.

6. Batagor Abuy

Batagor Abuy merupakan salah satu batagor yang paling mudah dijumpai. Ia berada di Jalan Lengkong Besar No. 45, Paledang. Selain itu, Anda juga bisa menyantapnya di beberapa foodcourt mall di Kota Bandung.

Batagor Abuy bisa dibilang sebagai salah satu batagor yang terenak di Bandung, terutama menu bakso tahu dengan rasa ikan tengiri yang kental dan teksturnya pun lembut juga kenyal. Untuk kuahnya, Batagor Abuy disiram dengan kuah kacang yang kental menggunakan tambahan jeruk limau yang segar.

7. Batagor Burangrang

Batagor Burangrang berlokasi di Jalan Burangrang No. 7, Lengkong, Bandung. Batagor Burangrang menyediakan dua jenis batagor yakni batagor goreng dan batagor kuah. Jika biasanya banyak orang menyukai batagor goreng, tapi di Batagor Burangrang Anda wajib mencicipi batagor kuahnya yang menggoyang lidah.

Perpaduan rasa legit, manis, gurih, asin, dengan tekstur yang lembut adalah pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Batagor Burangrang buka mulai jam 08.00-20.00 WIB.

Nah, itulah 7 batagor kuah dan goreng yang wajib dikunjungi saat ke Bandung. Kira-kira batagor yang mana dulu nih yang ingin Anda cicipi?