Baliho Caleg Masih Berserakan, Panwaslu Tantang Kinerja Pemkab

TANAHDATAR, KABARSUMBAR – Baliho calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI, DPD, DPRD provinsi hingga DPRD kabupaten masih berserakan di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Diduga, sebagian Alat Peraga Kampanye (APK) bacaleg tersebut juga tidak mengantongi izin pemasangan baliho dari instansi terkait.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tanah Datar Hamdan ketika dikonfirmasikan kabarsumbar.com, Kamis (30/08) di Batusangkar mengakui jika sudah menyurati partai-partai politik peserta pemilu untuk dapat segera menertibkan secara sukarela.

“Kita sudah kumpulkan dan mengundang pengurus partainya dan menghadirkan pihak KPUD serta pihak terkait lainnya agar seluruh baliho dan APK tersebut ditertipkan sendiri sebelum dilakukan upaya penertiban,” ujar Hamdam.

Hamdan juga mengakui, jika sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah agar dapat melakukan upaya penertiban. Karena disini akan melibatkan pihak Pol PP, Perhubungan, panwaslu bahkan melibatkan pihak pihak lain.

“Ini aturan, harus sama sama kita laksanakan, terakhir kami melakukan koordinasi dengan setdakab, meminta membantu dalam upaya penertiban, apalagi katanya ada baliho yang tidak ada izin,” ucapnya.

Masalah berizin atau bayar dan tidak bayar restribusi kata Hamdan, itu bukan wewenang panwaslu. Dan yang dilakukan panwaslu adalah masalah baliho atau spanduk yang melanggar aturan.

“Kita minta sama sama mendukunglah, baik itu panwaslu sendiri maupun pihak pemda untuk bekerja sama menertibkan baliho atau spanduk yang masih memakai embel embel partai, nomor urut dan daerah pemilihan. Tapi kalau tidak memakai itu, silahkan saja,” pungkas Ketua Panwaslu. (ddy)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...