Bawaslu Sumbar Catat Ada 65 TPS Bermasalah

PADANG, KABARSUMBAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat mencatat dalam data sementara, setidaknya ada 65 TPS yang berpotensi melalukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Penindakan Bawaslu Sumbar, Vifner mengatakan, saat ini pihaknya mencatat ada 65 TPS yang diduga bermasalah.

“Data sementara sebanyak 65 TPS, jumlahnya masih berkemungkinan bertambah karena hingga saat ini Bawaslu masih melakukan pengawasan dan pemantauan dilapangan. TPS yang akan dilakukan PSU terbanyak berasa di Kota padang yaitu sebanyak 29 TPS,” katanya di Padang, Jumat 19 April 2019.

Vifner menyebut, daerah yang berpotensi PSU itu diantaranya terdapat di Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, Kabupaten Agam, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Sijunjung.

Adapun faktor diadakannya PSU, kata Vifner, karena setelah dilakukan pengawasan dan pemantauan, pihaknya menemukan tidak adanya form A-5 dan pemilih tidak berdomisili pada daerah yang bersangkutan.

“Tak hanya itu, ada juga pemilih yang melakukan pencoblosan lebih dari dua kali. Kemudian, juga ditemukan petugas KPPS berlebih memberikan surat suara kepada pemilh di TPS. Secara keseluruhan Bawaslu menemukan kejanggalan yaitu berupa pemilih yang tidak berhak memilih pada lokasi tersebut,” jelasnya.

Lanjut Vifner, kejanggalan lainnya, ditemukan juga pada alamat pemilih yang berada diluar daerah tersebut.

Laporan itu sendiri akan diteruskan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dikaji dan diproses lebih lanjut, sebagai bentuk rekomendasi Bawaslu Sumbar.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...