BLK Latih 16 Warga Binaan Rutan Kelas II Padang

PADANG, KABARSUMBAR – Tak hanya fokus kepada pencari kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) Padang juga berkontribusi bagi para narapidana, salah satunya yang dilakukan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B, Anak Air, Kota Padang.

Disini, ada 16 warga binaan yang dipilih dari 600 warga binaan yang diberikan pelatihan berupa keahlian Muebeler (kehalian perkayuan) dari BLK Padang. Warga binaan ini sudah dipilih berdasarkan motivasinya dan keinginannya untuk memperbaiki hidup.

“Warga binaan ini mewakili 600 lebih warga binaan lain,” kata Kepala Rutan II B Padang, Enjat Lukmanul Hakim.

Diharapkannya, ketika mereka sudah menguasai ilmu tersebut, bisa ditularkan kepada warga binaan yang lain. Harapannya, setelah keluar dari masa hukuman, mereka punya pegangan hidup berupa keahlian.

Kepala BLK Padang, Syamsi Hari mengatakan, warga binaan akan dilatih meubeler selama 30 hari kedepan.

“Hari ini ada empat pembukaan pelatihan BLK di Sumbar. Saya pilih datang ke Rutan Kelas II B karena besar harapan dapat berbuat baik di sini,” kata Syamsi.

Menurut Syamsi, warga binaan butuh keahlian, agar tidak lagi terjebak tindakan yang melanggar hukum.

Oleh karena itu, butuh keseriusan untuk mendampinginya, khususnya untuk pelatihan pada Rutan Kelas II B. “Jika ada yang tidak serius, akan langsung diganti dengan peserta lain,” jelas Syamsi.

Pelatihan keahlian untuk Rutan merupakan salah satu program khusus BLK Padang. Selain dengan Rutan, BLK juga bekerjasama dengan Nagari untuk pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Khusus untuk rutan di Sumatera Barat, Rutan Kelas II B Anak Air satu-satunya yang bekejasama dengan BLK Padang.

Pak Al, salah satu mentor dari BLK Padang menyebutkan, pertama kali yang diajarkan kepada warga binaan ialah bagaimana cara membuat lemari (teori). Setelah menguasai teorinya, mereka akan langsung praktik, yang peralatannya disediakan BLK Padang.

BLK Padang merupakan lembaga di bawah Kementrian Tenaga Kerja yang bertugas menyiapkan tenaga handal. Keahlian mereka bisa dimanfaatkan untuk industri, dengan 12 kejuruan, yang bisa dimanfaatkan untuk industri atau membuat usaha mandiri.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...