Bupati Agam : HUT RI, Momentum Lihat Hasil Capaian Pembangunan

Bupati Agam, Indra Catri saat membacakan sambutan pada acara malam resepsi kenegaraan di Aula Bappeda Kabupaten Agam, Kamis malam. Foto : Istimewa
Bupati Agam, Indra Catri saat membacakan sambutan pada acara malam resepsi kenegaraan di Aula Bappeda Kabupaten Agam, Kamis malam. Foto : Istimewa

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kabupaten Agam, perlu dijadikan sebagai momentum untuk melihat capaian hasil program pembangunan yang telah diraih, menurut Bupati Agam Indra Catri.

Penglihatan hasil pencapaian ini khususnya selama 2016-2017 sebagai tahun awal berada pada RPJMD.

Semangat kebersamaan dalam pembangunan juga telah mengantarkan Agam untuk meraih berbagai prestasi, baik tingkat provinsi maupun nasional, seperti dikatakan Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah dalam

Bupati menyebut, salah satu agenda besar reformasi bermuara pada perwujudan tata pemerintahan yang semakin baik dan bersih.

Upaya yang telah dilakukan diantaranya meningkatkan kompetensi dan integritas aparatur, memperbaiki manajemen pengelolaan barang milik daerah, meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran daerah, meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran.

“Pada 2016, upaya tersebut telah berhasil mengantarkan kita untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan kita berharap opini WTP dimaksud dapat dipertahankan pada 2017 dan tahun berikutnya,” ujar Bupati saat acara malam resepsi kenegaraan dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 di Aula Bappeda Kabupaten Agam, Kamis (17/8/2017) malam.

Dari sisi aspek keuangan daerah, dalam rangka memperkuat struktur APBD, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam terus memantapkan berbagai upaya peningkatan pendapatan dengan tetap mempertimbangkan dampaknya terhadap kapasitas perekonomian daerah.

Selain itu, pembangunan infrastruktur daerah meliputi peningkatan, dan pemeliharaan jalan kabupaten, jalan lingkung, irigasi, air bersih, sanitasi, sarana dan prasarana kesehatan, pendidikan, pertanian, perdagangan dan permukiman, selama 2016 telah menunjukan perkembangan yang signifikan.

“Pembangunan infrastruktur tersebut merupakan aspek yang sangat vital dalam pembangunan daerah, karena dapat menjadi alat pemacu, pendorong tumbuh dan berkembangnya potensi ekonomi daerah, yang bertumpu pada ekonomi nagari,” jelas Bupati.

Selanjutnya, pembangunan pendidikan merupakan bidang pembangunan yang menempati posisi strategis bagi pengembangan sumber daya manusia berkualitas, sebagai modal dasar pembangunan secara menyeluruh.

Untuk itu, sebagai upaya mengoptimalkan pengembangan bidang pendidikan secara nasional, telah ditetapkan tiga strategi dasar yaitu, perluasan akses, peningkatan mutu, dan efektifitas manajemen.

“Kesuksesan pembangunan, dan berbagai prestasi tentu tidak terlepas dari peran serta masyarakat, serta kerjasama yang baik Pemkab Agam dengan DPRD dan Forkopimda serta stake holders terkait,” kata bupati.

Hal ini cukup mnejadi bukti, bahwa masyarakat bukan hanya sebagai objek, tapi sekaligus subjek dari pembangunan, sehingga kesuksesan dalam pembangunan merupakan sukses bersama.

Di samping itu, bupati mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Agam, yang telah melaksanakan peringatan HUT RI ke-72 dengan penuh semangat, kesadaran yang tinggi, dan penuh kebersamaan.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...