Cuaca Ekstrem, BWS Sumatera V Gelar Apel Siaga Bencana

Foto bersama usa
Foto bersama usai Apel Siaga Bencana di Workshop BWS Sumatera V. 

Padang–Menghadapi pergantian tahun dan cuaca ekstrem yang tak menentu, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V dan pihak-pihak terkait lainnya menggelar Apel Siaga Bencana di Padang, Kamis, 28 Desember 2018.

Kepala BWS Sumatera V, Mariadi Utama mengatakan, selain dihadiri personel dari BWS V, Apel Siaga Bencana juga diikuti perwakilan dari Dinas PU, Dinas PSDA, BPBD, kecamatan dan kelurahan.

“Menyikapi prakiraan cuaca ekstrem yang mungkin terjadi, Menteri PUPR menginstruksikan agar kita siap dan siaga untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan bencana,” ujar Mariadi didampingi Kepala Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumatera V, Nurul Huda usai Apel Siaga Bencana di Workshop BWS V.

Menurut Mariadi, pihaknya menyiagakan peralatan dan kawat beronjong di Workshop BWS Sumatera V, namun bisa dimobilisasi ke seluruh kawasan Sumatera Barat dan provinsi tetangga. “Kita fokus mengantisipasi dampak banjir dan longsor,” ujar pria asal Semarang, Jawa Tengah ini.

Untuk antisipasi bencana, menurut Nurul Huda, pihaknya menyiagakan dump truk, ekskavator, wheel loader, truk crane, hingga pompa gandeng dan portabel.

Mariadi Utama menyampaikan, selain Apel Siaga Bencana, pihaknya juga melaksanakan penanaman pohon dan pembersihan banjir kanal di kawasan GOR H Agus Salim Padang. (Hijrah)