Delapan Balon Perebutkan Kursi Wali Nagari Kurai Taji

Pemilih tengah menentukan pilihannya dalam Pemilihan Wali Nagari di Kabupaten Agam yang menggunakan sistem E-voting.
Ilustrasi. Pemilih tengah menentukan pilihannya dalam Pemilihan Wali Nagari di Kabupaten Agam yang menggunakan sistem E-voting. Foto : Istimewa
Pemilih tengah menentukan pilihannya dalam Pemilihan Wali Nagari di Kabupaten Agam yang menggunakan sistem E-voting.
Ilustrasi. Pemilih tengah menentukan pilihannya dalam Pemilihan Wali Nagari di Kabupaten Agam yang menggunakan sistem E-voting. Foto : Istimewa

Kabupaten Padang Pariaman – Kursi jabatan Wali Nagari Kurai Taji, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman periode 2018-2024 diperebutkan delapan Bakal Calon (Balon). Para Balon Wali Nagari Kurai Taji umumnya berusia diatas 40 tahun.

Ketua Panitia Pemilihan Wali Nagari Kurai Taji, M. Syahril mengatakan, sesuai peraturan dan petunjuk pemilihan Calon Wali Nagari Balon yang lebih dari orang harus dikirim ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Padang Pariaman guna mengurangi Balon menjadi 5 yang akan ditetapkan sebagai calon.

Adapun Balon Wali Nagari Kurai Taji yang sudah dinyatakan lengkap berkasnya diantaranya, Khairul, S. Ikom (49) tahun dari Korong Sungai Laban. Kemudian Syukri (47) tahun, dari Korong Paguah Dalam. Setelah itu, Nelly Marina (41) tahun, dari Korong Paguah Duku. Berikutnya, Supriyadi (47) tahun, dari Korong Kampung Baru Pariaman Tengah.

Selanjutnya, Yon Maryono ZR (44) tahun, dari Korong Kampung Ladang. Balon selanjutnya, Syafrizal, A.Md (54) tahun dari Korong Paguah Duku. Setelah itu Ali Sapar (59) tahun, dari Korong Paguah Dalam dan terakhir, Mardianas (52) tahun, dari Korong Sei Sirah Pariaman Timur.

Salah seorang dari delapan Balon Wali Nagari Kurai Taji, Khairul Koto (49) tahun, sehari bekerja sebagai wartawan di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, dan pernah menjadi sutradara Film Dokumenter dengan judul ‘Baruak Cetak Sarjana’.

Menurut Khairul, apabila dirinya lolos sebagai calon dan terpilih sebagai pemimpin Nagari Kurai Taji, ia berjanji akan menggali Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini dinilai belum banyak tersentuh.

“InshaAllah, saya akan berusaha membangun Nagari Kurai Taji dengan menghimpun dan menggali sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM), artinya kita akan libatkan semua masyarakat dalam membangun nagari,” ujar Khairul optimis.

Nagari Kurai Taji sendiri mempunyai enam Jorong, yakni, Kampung Ladang, Paguah Duku, Paguah Dalam, Talogondan, Lubuak Ipuah dan Muaro dengan jumlah pemilih, 4.413 orang terdiri dari pemilih laki laki 2.142 orang dan pemilih perempuan 2.271 orang dengan 14 tempat pemungutan suara.

[Rizki Pratama]