Dikawal Ketat, Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Datar

  • Bagikan
Foto : internet

Batusangkar – Sebanyak 3.000 vial vaksin Sinovac tiba di Batusangkar, dan disimpan dalam Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Tanah Datar, pada Kamis 28 Januari 2021.

Kedatangannya dikawal ketat sejumlah petugas Brimob bersenjata lengkap dan petugas kepolisiaan dari Resort Tanah Datar, serta petugas Balai POM Padang.

Dinas Kesehatan setempat menerima alokasi vaksin dari Dinas Kesehatan Sumatera Barat diteruskan ke penyimpanan menjelang disuntikan. Dalam waktu dekat petugas kesehatan akan melakukan vaksinasi secara masal.

“Vaksin akan disimpan di gudang farmasi dengan suhu 2-8°C, dan hal ini untuk menjaga kondisi dan keefektifan,” kata Kadis Kesehatan dr. Yesrita kepada wartawan.

Ia mengatakan, vaksinasi akan mulai didistrisbusikan ke Puskesmas untuk 1.475 tenaga kesehatan yang akan menjadi kelompok pertama penerima vaksin Sinovac. Hingga saat penyuntikan, vaksin akan dijaga ketat selama 24 jam penuh oleh pihak kepolisian.

“Masing masing puskesmas akan dapat jatah bervariasi, dan tidak seluruh tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin dalam satu hari penyuntikan, namun dalam satu jadwal,” katanya.

Puskesmas Lima Kaum 1 akan melakukan vaksinasi pertama yang dilakukan dalam satu pencanangan, karena vaksin itu untuk kelompok pertama.

Rencana tahapan vaksinasi ini adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa profesi kedokteran akan menjadi tahap pertama vaksinasipelaksanaan Januari sampai April 2021.

Tahapan kedua rentang waktu Januari-April 2021 dengan sasaran petugas publik, seperti TNI, Polisi, Aparat Hukum, dan petugas publik lainnya.

Tahapan ketiga rentang April 2021 sampai Maret 2022 diperuntukkan bagi masyarakat rentan dari segi aspek geopasial, sosial dan ekonomi.

Sedangkan tahap keempat yang juga direntang waktu April 2021 sampai Maret 2022 bagi masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya.

  • Bagikan