Pemko Solok Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022

  • Bagikan

Solok Kota -Kamis 28 Januari 2020, bertempat di Aula Bappeda Kota Solok, Wali Kota Solok Zul Elfian, membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun 2022.

Turut hadir, Anggota DPRD Kota Solok Leo Murphy, Kepala Bappeda Kota Solok Jonnedi, staf ahli, Ketua KAN, Bundo Kanduang, LKAAM, BUMN/BUMD, serta unsur lainnya. Sementara, Kepala OPD, Lurah dan fasilitator kelurahan terhubung secara virtual di tempat masing-masing melalui aplikasi Zoom Meeting.

Wako dalam sambutannya mengatakan, Saat ini kita sudah memasuki dinamika pembangunan yang cukup kompleks sebagai dampak dari globalisasi.

Permasalahan pembangunan saat ini juga semakin rumit. Disamping memenuhi kebutuhan pembangunan dari aspirasi lokal di daerah, kita juga dihadapkan dengan target pembangunan SDGs.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kota Solok untuk lebih berinovasi dan menyusun skala prioritas untuk meningkatkan kinerja pembangunan di Kota Solok yang kita cintai ini.

Beberapa strategi yang perlu kita cermati dalam rangka mendongkrak pembangunan daerah adalah melalui pengembangan perekonomian daerah, membangun sektor-sektor unggul, serta mengoptimalkan sumberdaya lokal.

Untuk itu diperlukan pemikiran dan pemahaman yang positif dalam membangun konsep dan strategi pembangunan secara lebih terarah, terpadu, serta bersinergi antar sektor.

Sejalan dengan sasaran pokok RPJPD dan isu strategis dalam RPJMD Teknokratik, prioritas pembangunan Kota Solok tahun 2022 pada prinsipnya diarahkan untuk menuntaskan target pembangunan yang belum tercapai, diantaranya : Pembangunan mental masyarakat dengan pengamalan agama dalam kehidupan masyarakat, Pengembangan UMKM, Pengembangan potensi unggulan daerah, Penataan kawasan pasar, Peningkatan pembangunan SDM dan pelayanan dasar.

Selanjutnya, Peningkatan sarana dan prasarana olahraga, Penguatan kompetensi kepemudaan, Penataan infrastruktur kota, serta Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Wako berharap, melalui forum konsultasi publik ini, dapat diinventarisir dan dirumuskan permasalahan-permasalahan pembangunan, sekaligus alternatif-alternatif pemecahan masalah berupa program atau kegiatan yang mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan mendesak di tahun 2022.

Program atau kegiatan strategis yang dapat memberdayakan dan membangkitkan partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, membuka kesempatan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat perlu menjadi perhatian bersama.

Demikian juga bidang urusan strategis seperti pendidikan, kesehatan, perdagangan serta pembangunan infrastruktur juga perlu mendapat prioritas dengan tetap mengedepankan pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas dalam upaya mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat Kota Solok.

Kepada seluruh peserta untuk dapat serius dan fokus selama pelaksanaan forum konsultasi publik ini, agar dapat menghasilkan rumusan RKPD Kota Solok Tahun 2022 yang sesuai dengan harapan.

Kontribusi pemikiran semua pihak, kami harapkan guna memperkuat proses perencanaan Kota Solok yang lebih baik, relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat kita.

Dengan dilakukannya forum konsultasi publik Rancangan Awal RKPD Kota Solok Tahun 2022, diharapkan akan tersusun konsep rencana pembangunan yang lebih sempurna melalui berbagai pemikiran dan pertimbangan yang matang, serta gagasan yang inovatif dan cerdas dari kita semua, sehingga kita dapat mewujudkan sasaran-sasaran pembangunan yang telah ditetapkan.

Kepada Saudara-saudara kami dari BUMN dan BUMD juga diminta peran aktifnya dalam membantu proses pembangunan di Kota Solok, baik melalui dana CSR maupun program lainnya.

“Untuk itu, kepada para peserta forum konsultasi publik saya ucapkan selamat berdiskusi, semoga dengan kerja keras, kita dapat membangun daerah melalui mekanisme perencanaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Solok dan mendapat Ridho Allah SWT,” tutup wako.

  • Bagikan