DPR Minta Saran Rakyat Mengenai Uji Kelayakan Calon Anggota KI Pusat

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) meminta masyarakat untuk beri masukan terhadap calon anggota Komisi Informasi (KI) Pusat untuk periode 2021-2025. Foto: Internet

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) meminta masyarakat untuk beri masukan terhadap calon anggota Komisi Informasi (KI) Pusat untuk periode 2021-2025.

Dikutip dari kompas.com, sebelum uji kelayakan calon anggota KI, DPR RI meminta saran rakyat.

“Sebelum melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 21 calon anggota KI Pusat, DPR RI akan segera meminta masukan dari masyarakat,” ungkap Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid pada saat siaran pers.

DPR akan menguji kepatutan dan kelayakan dari 21 orang calon anggota KI Pusat yang merupakan orang terpilih dan diajukan langsung oleh Presiden Jokowi kepada DPR RI. DPR akan memilih tujuh orang anggota KI Pusat pada masa persidangan IV  tahun sidang 2021-2022.

“Diharapkan saran berupa masukan masyarakat terhadap 21 calon tersebut guna mendapatkan anggota KI Pusat Periode 2021-2025 yang sesuai dengan harapan kita semua,” tutur Meutya.

Masukan dari masyarakat dapat disampaikan dengan cara tertulis dan dikirimkan melalui surat elektronik atau email ke set_komisi1@dpr.go.id dengan subjek “MASUKAN CALON ANGGOTA KI PUSAT”.

Sedangkan, pengiriman melalui surat fisik dapat dikirimkan ke alamat Sekretariat Komisi 1 DPR RI di Gedung Nusantara II Lantai 1, Gedung MPR/DPR RI Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, 10270. Surat secara fisik, DPR meminta masyarakat menuliskan “MASUKAN CALON ANGGOTA KI PUSAT” pada bagian pojok kanan atas amplop surat.

Selain itu, masyarakat yang memberikan surel ataupun surat fisik diharapkan menuliskan identitas berupa nama, alamat, dan nomor kontak. Masukan dari masyarakat akan diterima oleh DPR RI mulai 1-7 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

Masukan masyarakat kepada DPR RI diharapkan mampu membantu DPR untuk memilih tujuh anggota KI Pusat yang kedepannya sesuai dengan masyarakat dan mampu mengemban tugasnya.