Dua M, Bakal Calon Gubernur Lakukan Pemeriksaan Psikologi

Padang – Dua bakal calon gubernur Sumbar yang berasal dari daerah sama mengikuti tes psikologi pada hari ke tiga bertempat di RS M. Djamil Padang, yakni Mulyadi dan Mahyeldi pada Kamis, 9 September 2020.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Wilayah Sumatera Barat, bekerja sama dengan KPU Sumbar.

KPU Sumbar yang menangani hal ini Izwaryani, didampingi Kabag hukum, teknis dan Hupmas Aan Wuryanto dan kasubag Jumiati, mengatakan, pemeriksaan psikologi atau kejiwaan merupakan kewajiban dan bagian dari kesehatan.

“Seperti yang pernah kita sampaikan, pemeriksaan kesehatan meliputi jasmani yakni jantung, tensi, dan lain-lain, serta Rohani yakni psikologi atau kejiwaan, sehingga dalam pemilihan nanti dipastikan semua calon dalam keadaan sehat,” kata Izwaryani.

Ia juga mengatakan, hanya 1 daerah yang calon kepala daerahnya belum melakukan pemeriksaan, yakni kabupaten Pasaman, karena masa pendaftaran diperpanjang pada tanggal 10-11 September 2020.

“Kabupaten Pasaman calon kepala daerahnya belum bisa melakukan pemeriksaan, karena sesuai aturan harus menunggu masa pendaftaran berakhir, baru selanjutnya pemeriksaan, sementara daerah tersebut tahapan pendaftaran diperpanjang karena yang mendaftar hanya 1 pasangan calon, jika pada tahap perpanjangan tetap tidak ada penambahan, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan,” tambahnya.

Selain itu kasubag Teknis dan Hupmas Jumiati, yang merupakan bagian leding sektor tahapan pilkada mengatakan, semua proses dilakukan berdasarkan peraturan KPU dan tetap mengikut sertakan Bawaslu, sehingga pilkada ini memang berjalan baik.

“Semua proses berdasarkan peraturan KPU dan mengikutsertakan Bawaslu, sehingga semua berjalan dengan baik dan tidak ada yang dirugikan,” tutur Jumiati.

Pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah berjalan baik, semua Paslon saling menyapa dengan ceria, dan penuh kebahagiaan.

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...