Gubernur Resmikan Gedung Baru Samsat Padang, Tujuh Aplikasi Layanan Diluncurkan

  • Bagikan
Foto : Internet

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, meresmikan Gedung Kantor Samsat Padang dan sekaligus meluncurkan aplikasi tujuh layanan Samsat di Jl. Asahan No.2, GOR. H. Agus Salim, Padang, pada Selasa (19 Januari 2021). Peresmian kantor ini dalam rangka meningkatkan pelayanan maksimal pada masyarakat wajib pajak.

Peresmian Gedung Kantor Samsat itu selain Gubernur, Irwan Prayitno, juga diresmikan oleh Kapolda Sumbar, Toni Hermanto, dan Kepala Cabang Jasa Raharja Sumbar, Agung Tri Gunardi, yang ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan menekan tombol sarine.

Disaksikan oleh Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sumbar, Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumbar, Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar, para Pimpinan Bank BNI, Bank Nagari, jajaran BAKEUDA Sumbar dan tamu undangan yang hadir lainnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan, sejak terjadinya gempa 30 September 2009 yang menyebabkan kerusakan pada gedung Samsat yang berlokasi Khatib Sulaiman No. 43 dipindahkan di gedung sementara di Jl. Asahan No.2, GOR. H. Agus Salim.

“Namun, dengan perkembangan wajib pajak, kantor sementara sudah tidak memadai lagi dalam melayani masyarakat sehingga harus ada peningkatan pada pelayanan pada wajib pajak kendaraan bermotor dengan membangun gedung baru yang lebih baik,” kata Irwan Prayitno saat peresmian.

Ia juga mengatakan, gedung Samsat ini merupakan gedung yang terakhir dibangun di Pemerintahan Provinsi Sumbar pasca gempa di Sumbar yang sudah menelan anggaran sebesar Rp18.142 miliar.

“Untuk itu patut diberi apresiasi dan suatu kebanggaan kepada Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumbar, juga Kepolisian khususnya Ditlantas telah melakukan peningkatan kepada publik melalui pelayanan di Samsat,” katanya.

Namun, dari pada itu pelayanan publik yang prima dan mengedepankan kebutuhan masyarakat pelayanan harus ditingkatkan secara terus menerus.

“Empat dari Tujuh tempat pelayanan Samsat ada di Pariaman, Kota Padang, Payakumbuh, Bukitinggi dan tiga lagi di Mall Pelayanan Publik (MPP), Sicincin, dan di Kampus UPI kecamatan Lubuk Begalung Padang, juga akan diresmikan. Semoga penerimaan pelayanan pajak dapat bejalan lebih dengan baik,” ujarnya.

Ia juga meresmikan peningkat melalui Ilmu Teknologi (IT) dengan bersama Bank BNI dan Bank Nagari didukung oleh Perbankan sudah mempunyai aplikasi dengan gadget bisa membayar pajak dengan mudah.

Seiring perkembangan teknologi, pelayanan kepada masyarakat juga harus terus berkembang. Sehingga membayar pajak menjadi semakin mudah, aman dan nyaman.

Selain itu juga menjauhi terjadinya praktek pungli akan lebih aman dan nyaman adanya aplikasi. Pelayanan prima dan akuntabilitas secara tunai tetapi pembayaran non tunai mendapatkan proses yang tidak berbelit belit karena langsung serta mudah diakses.

  • Bagikan