Jelang Akhir Tahun, Harga Cabai dan Bawang Melonjak Naik

  • Bagikan
Foto : internet

Agam – Harga cabai merah keriting dan bawah merah di pasar tadisional Kabupaten Agam mengalami kenaikan menjelang akhir tahun 2020.

Harga yang berawalnya Rp 50 ribu per kilogram, sekarang melonjak naik Rp 60 ribu per kilogram. Untuk harga bawang merah mengalami kenaikan Rp 3.000 menjadi Rp 28 ribu per kilogram.

Seorang pedagang di Pasar Bayur Azwar Chan mengatakan, dikarenakan stok bawang dan cabe di daerah menipis karena banyaknya permintaan dari luar daerah.

“Kenaikan harga cabai dan bawang ini sudah terjadi sejak dua minggu terakhir. Penyebabnya karena cuaca ekstrem yang terjadi di Sumbar, dan banyaknya permintaan dari luar daerah,” ucapnya.

Baca Juga :  Harga Cabai di Kota Padang Masih "Pedas"

Harga cabai hijau keriting dan bawang putih juga mengalami kenaikan yang kini menjadi Rp 35 ribu per kilogram dari Rp 30 ribu kilogram. Sedangkan untuk harga bawang putih mengalami kenaikan menjadi Rp. 4.000 Ribu sehingga menjadi Rp 24 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga bahan pokok itu memang biasa terjadi jelang akhir tahun. Awal tahun sudah akan kembali normal,” katanya.

  • Bagikan