Jelang Pendaftaran Calon, KPU Lakukan Koordinasi dengan Sejumlah Parpol

Pesisir Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terus melakukan koordinasi intens dengan sejumlah partai politik (Parpol) jelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di daerah setempat.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pessel, Jon Baiki, menyebutkan, hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya kesalahan teknis selama proses pendaftaran dimulai, dan tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19.

“Sebab, proses pendaftaran Pilkada sekarang, tidak sama dengan tahun dulu. Jadi, sekali seminggu pihak kami mengundang Parpol untuk membahas prosedur teknis pendaftaran di KPU,” ujarnya di Painan, Rabu (26/8).

Sejauh ini, kata dia, pihaknya sudah menggelar dua kali pertemuan dengan sejumlah Parpol. Pembahasan tersebut tidak hanya soal teknis dan prosedur saja, namun juga sekaitan dengan penerapan standar protokol kesehatan.

“Pembahasannya setiap minggu berbeda-beda. Tujuannya agar tidak terjadi miskomunikasi dikemudian hari,” ucapnya.

Ia menuturkan, sesuai jadwal pendaftaran bakal calon di mulai pada 4 sampai 6 September 2020. Selanjutnya, setiap Parpol maupun pribadi calon diminta untuk memahami setiap kajian teknis yang diinformasikan KPU, selama tiga hari.

“Hal ini diatur dalam Peraturan KPU nomor 6 tahun 2020,” katanya.

Sementara pantauan dilapangan, belum terlihat geliat sejumlah calon yang bakal bertarung atau berani mendeklarasikan diri untuk maju pada Pilkada 2020 .

Dari sejumlah calon yang terpampang melalui spanduk dan baliho, hanya Hendrajoni dan Hamdanus yang sudah mendapat mandat maju sesuai SK DPP Nasdem dan PKS.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...