Jelang Ramadhan, Indosat Ooredoo Uji Kecepatan Jaringan di Padang

PADANG, KABARSUMBAR – Menjelang Ramadhan dan Lebaran 2019, Indosat Ooredoo melakukan pengujian kecepatan jaringan mereka secara serentak pada destinasi wisata lima kota besar di Indonesia, salah satunya Kota Padang, Kamis 25 April 2019.

Division Head Sumatra Field Engineer Indosat Ooredoo, Selo Purnomo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang selalu meningkat dalam masa-masa Ramadhan dan perayaan Lebaran.

“Untuk itu kami menguji kecepatan jaringan indosat di beberapa lokasi destinasi wisata kota Padang, karena menjadi rujukan wisatawan berkunjung ke Sumbar,” katanya di Padang.

Dikatakannya, drive test dilakukan mulai dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) kabupaten Padang Pariaman, lalu melalui jalan protokol, ke Mesjid Raya Sumatera Barat, Jembatan Siti Nurbaya dan terakhir Pantai Padang.

“Hasilnya, tingkat kecepatan jaringan Indosat 4G Plus dengan drive tes, rata-rata berada di 10.3 Mbps, sedangkan jalur drive tes dilalui 72.9 Mbps dan pusat keramaian maksimum 89.7 Mbps,” jelasnya.

Hal tersebut, kata dia, berdasarkan aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call.

Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik tanpa buffering dan sepenuhnya berada pada jaringan 4G nya.

Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, pihaknya juga akan memantau kondisi jaringan telekomunikasi selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Sementara itu, Sales Area Manager Padang, Martoni menyatakan, untuk wilayah Sumbar hampir semua jaringan sudah 4G, dan daerah yang belum akan dilakukan kualitas jaringan.

“Saat ini yang menggunakan indosat sudah mencapai sekitar 200ribu dan akan ditingkatkan kembali menjadi tiga kali lipat dengan segmen pelanggan untuk semua masyarakat dan semoga dapat menjangkau semua daerah,” ujarnya.

Terakhir Martoni menambahkan, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk dapat terus melayani pelanggan dan masyarakat di momen-momen istimewa melalui kesiapan layanan serta jaringan telekomunikasinya agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar.

[Putri Caprita]

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...