Kejari Padang Padang Musnahkan Barang Bukti Sitaan dari 26 Perkara

Kejari Padang Panjang Musnahkan Barang Bukti Sitaan dari 26 Perkara

Padang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang Panjang musnahkan barang bukti hasil sitaan dari 26 perkara tindak pidana umum, pada 15 Maret 2022.

Barang sitaan tersebut berupa 37 paket sabu, dua ember cat minuman keras, 10 paket ganja terdiri dari paket besar dan kecil beserta imbangan digital, bong pengisap, kaca pirek dan plastik bening, dan barang sitaan lainnya.

Kepala Kejari Padang Panjang Nilma mengatakan menilai barang bukti narkoba yang dimusnahkan cukup banyak. “Artinya di Padang Panjang banyak terjadi tindak pidana narkotika,” katanya.

Kasus ini menjadi peringatan kepada masyarakat khususnya anak-anak muda karena tidak baik untuk kesehatan badan.

“Barang bukti perkara lainnya seperti pencurian, penganiayaan, pemerasan berupa pakaian, golok, alat-alat yang digunakan saat melakukan pencurian seperti kunci T, obeng dan lain sebagainya,” kata Nilma.

Barang bukti yang dimusnahkan berasal dari perkara tindak pidana yang sudah berkekuatan hukum tetap dan pemusnahan merupakan tindak lanjut dari tugas institusi kejaksaan sebagai eksekutor proses peradilan pidana umum.

Selain itu, barang lain ikut dimusnahkan seperti alat untuk memperjualkan dan menggunakan sabu-sabu, ganja, seperti pipet, kaca pirex, plastik pembungkus sabu, rokok yang dipakai untuk melinting ganja, mancis, timbangan digital dan lainnya.

Dalam pemusnahan barang tersebut turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang Panjang M. Ali Tabrani, Kepala Dinas Kesehatan Faizah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol I Putu Venda, dan unsur TNI, Polri serta pengadilan negeri.