Ragam  

Khasiat Jus Wortel Saat Menstruasi

Oleh: Mutia Yulita Putri & Shantrya Dhelly Shusanty S.ST, M.Kes

Bukittinggi-Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan gangguan siklus yang umum terjadi pada wanita muda dan pertengahan yang terjadi selama fase luteal pada siklus menstruasi, biasanya terjadi secara regular 7-14 hari sebelum datangnya menstruasi.

Menstruasi atau datang bulan adalah kondisi normal yang selalu dialami oleh perempuan pada setiap bulannya. Dikutip dari jurnal Ferry Daniel Martinus dkk, berdasarkan penelitiannya mengatakan bahwa Pada saat menstruasi keluhan yang sering muncul adalah nyeri haid atau yang disebut dismenore.

Dismenore ditandai dengan nyeri perut dibagian bawah. Cara mengatasi dismenore dapat dilakukan dengan berbagai pengobatan salah satunya meminum minuman herbal yang berkhasiat yaitu jus wortel.

Pemberian jus wortel mengandung vitamin E dan betakaroten yang dapat memberikan efek analgesik dan anti inflamasi dengan mekanisme kerja yaitu menghambat enzim aktivitas dan enzim siklooksigenase-2 sehingga enzim tersebut tidak dapat merubah asam arakidonat menjadi prostaglandin sebagai penyebab timbulnya nyeri.

Dilansir dari jurnal tersebut Wortel (Daucus Carota) merupakan salah satu sayuran yang paling banyak manfaatnya. Wortel banyak mengandung vitamin A, B, C, D, E dan K. Kandungan vitamin E yang terdapat pada wortel dapat menghambat produksi peningkatan prostaglandin. Pasalnya wortel juga dipercayaa dapat mengatasi sakit perut akibat datang bulan, karenaa membantu mengatur aliran darah.

Agar khasiat wortel dapat dirasakana dengan optimal, minumlah jus wortel segar sebanyak 2 kali sehari. Atau bisa dengan menambahkan ke dalam menu makan harian selama mentruasi untuk meningkatkan kesehatan reproduksi dan tidak mudah merasa lelah.

Menurut asumsi peneliti bahwa air perasan wortel dapat menurunkan disminorea karena wortel kaya dengan kandungan beta karoten selama menstruasi baik karena beta karoten menghasilkan efek analgetik yang dapat menurunkan nyeri dismenore.

Selain itu beta karotin juga mengkonversi ke vitamin A yang membantu untuk memperlancar aliran darah dan mengontrol nyeri haid. Sehingga membantu untuk mengatasi nyeri dismenore, wortel dapat membantu untuk mengatur perdarahan berat dan periode tidak teratur.

Penulis Adalah Mutia Yulita Putri & Shantrya Dhelly Shusanty S.ST, M.Kes Fakultas Kesehatan Universitas Fort De Kock Bukittinggi