Komunitas Bernas Padang, Belajar Peduli Melalui Sebungkus Nasi

 

PADANG, KABARSUMBAR – Berbagai cara dapat dilakukan untuk menyebarkan kebaikan termasuk mengajak masyarakat melalui media sosial seperti yang dilakukan oleh komunitas Berbagi Nasi Padang. Kegiatan ini juga ada di setiap wilayah Indonesia.

Sebagi salah satu komunitas yang bergerak dibidang sosial, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi dengan harapan dapat membantu sesama melalui perantara sebungkus nasi yang dibagikan langsung turun ke jalan mencari tuna wisma dan orang yang membutuhkan.

Daerah menjadi sasaran untuk mereka berbagi dikhususkan di kota Padang, ibukota Sumatra Barat (Sumbar) yakni Pasar Raya Padang, Jalan Imam Bonjol, Jalan Damar, Jalan Veteran, Jalan Lolong, Jalan Tunggul Hitam, Jalan Jati, Jalan Lubeg, dan Jalan Aia Tawa.

Volunteer Berbagi Nasi Padang, Prayudha Dewantara Asri menyebutkan keberadaan komunitas sudah ada semenjak 2013, namun pada 2016 sempat vakum, dan mulai lagi 3 Februari 2019.

Dikatakannya, komunitas ini hadir dilatarbelakangi karena masih banyaknya saudara di Indonesia khususnya Padang yang masih susah makan secara teratur. Melalui sebungkus nasi ini setidaknya dapat membantu yang masih terkendala perekonomiannya.

“Awalnya bisa terkumpul via media sosial dan sudah beberapa kali melakukan kegiatan. Anggota terdaftar sudah banyak, namun yang aktif sekitar 25 orang,” ujarnya di Padang, Jumat (5/4/2019).

Sementara itu, dalam menghimpun donasi yang terkumpul jika berupa uang akan dibelikan dalam bentuk makanan. Karena biasanya didapat juga berupa makanan, minuman dan buah.

“Biasanya sebelum kumpul cek poin terlebih dahulu di lokasi yang telah ditentukan. Kemudian dibagi berapa jumlah nasi dan berapa jumlah volunteer yang datang perkelompok, setelah itu baru menyebar ke beberapa titik untuk cari target yang akan diberikan makanan,” jelasnya.

Biasanya makanan tersebut dibagikan kepada tuna wisma, pemulung, pengemis dan orang-orang yang dirasa memenuhi syarat untuk diberikan makanan.

Selain itu, berbagi nasi turun ke jalan pada Minggu pertama setiap bulannya, komunitas tersebut juga mengadakan kegiatan ke panti asuhan.

“Bulan ini, pada Minggu, (14/4/2019) komunitas kami akan melaksanakan kegiatan berbagi nasi ke jalan, dengan titik kumpul (cek poin) di Mesjid Raya Sumatera Barat pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk ke panti asuhan direncanakan (28/4/2019).

“Kegiatannya berupa mengajak makan bersama, menghibur mereka dengan kegiatan, dan tak lupa memberikan mereka bantuan untuk keperluan sehari-hari,” ujarnya

Sebelumnya, Minggu lalu, kata Yuda komunitas berbagi nasi mengajak anak-anak Panti Asuhan Ridho Rahmat sebanyak 38 orang dengan 5 orang pembinanya jalan-jalan naik Kereta Api Sibanuang ke Pantai Gandoriah. “Alhamdulillah sebanyak 40 voulenter ikut berpartisipasi dalam acara tersebut,” tuturnya.

Tidak hanya itu, komunitas ini juga mengadakan kegiatan “cemilan jumatan” yakni berbagi makanan ringan untuk penyangga perut sesudah shalat Jumat. Pada bulan ini dilaksanakan pada 12 dan 26 April 2019.

“Kami bekerja sama dengan para remaja masjid. Semoga kita semua tetap istiqamah menjalani kegiatan ini,” tutup Prayudha.

Terakhir pihaknya mengatakan setelah kegiatan pihaknya selalu melakukan pengunggahan dokumentasi kegiatan bertujuan semata-mata demi syiar dan pemberitahuan (laporan) kepada masyarakat luas, terutama para donator bakti sosial itu sendiri.

“Ini demi transparansi dan pertanggungjawaban laporan. Pengunggahan ke media sosial tidak semata-mata bermaksud riya, namun agar tidak terjadi kesalahpahaman kepada donatur. Namun, bertujuan mengajak yang lain ikut menyebarkan kebaikan,” tambahnya.

Bagi bapak ibu, atau para donatur yang ingin ikut berdonasi dapat melakukan via transfer ke rekening Donasi BRI 1269-01-013052-536 atas nama Deska Poppy Yenra. Dan diharapkan melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada Yuda 085750347125. Untuk informasi lebih lanjut bisa follow instagram @berbaginasipadang.

Tetap sebarkan kebaikan, jangan pernah berhenti menolong sesama.

(Putri Caprita)

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...