KPU Sumbar Siap Hadapi Gugatan Dua Paslon ke MK

Padang – Terkait dua gugatan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) ke Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menghormati keputusan tersebut yang melayangkan permohonan Perselisihan Hasil yang memang menjadi hak konstitusi dari pasangan calon.

Komisioner KPU Bidang Hukum Amnasmen mengatakan, KPU Sumbar siap menghadapi gugatan PHP ke MK RI dari Paslon nomor 2 Nasrul Abit-Indra Catri serta Paslon nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni. Karena pihaknya sudah menjalankannya dengan baik.

“Kami akan menyiapkan segala sesuatunya, jawaban, kronologis apapun bentuk permohonan gugatan oleh pasangan calon, tentu KPU akan menyiapkan itu” ungkapnya pada Senin, 28 Desember 2020.

Ia menyebutkan, terbukti dengan tidak adanya persoalan mulai dari penghitungan hingga rekap suara menandakan proses Pilkada di Sumbar berjalan lancar.

“Seluruh proses tahapan KPU sudah menjalani, dan itu terbukti dengan proses pungut hitung di TPS boleh dikatakan tidak ada persoalan kecuali pemungutan suara ulang” jelasnya,

Tidak hanya Amnasmen, semua saksi dan tim dari semua pasangan calon sama sekali tidak melayangkan keberatan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota.

“Ketika kita preteli, kita minta kepada pasangan calon apakah ada hal-hal yang berhubungan dengan hasil proses rekap itu yang menjadi keberatan terhadap hasil yang sudah kita rekap baik di kecamatan, kabupaten/kota tidak ada perdebatan” ujarnya.

Untuk kuasa hukum KPU Sumbar, diakui Amnasmen belum menunjuk siapa yang akan menghadapi permohonan tersebut, sampai adanya kejelasan gugatan mana yang ditindaklanjuti sebagai sebuah proses sengketa oleh MK.

“Kita menunggu gugatan mana yang direspon oleh MK gugatan, apakah ditindaklanjuti sebagai proses sengketa baru nanti kita cari penasihat hukum” pungkasnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...