Libur Lebaran, BLK Padang Tetap Buka Pendaftaran Pelatihan

Balai Latihan Kerja Padang. Foto : Istimewa
Balai Latihan Kerja Padang. Foto : Istimewa

PADANG, KABARSUMBAR – Balai Latihan Kerja (BLK) Padang kembali mengadakan program pelatihan periode III. Balai yang dinaungi Kementerian Ketenagakerjaan RI ini telah membuka pendaftaran yang tersebar pada BLK Padang, BLK Dharmasraya, BLK Solok dan BLK Solok Selatan.

“Untuk Padang, pendaftaran ditutup pada 25 Juni 2018,” kata Kepala BLK Padang, Syamsi Hari.

Syamsi mengatakan, memasuki libur lebaran dan setelah lebaran, pendaftaran tetap dibuka yang dilayani di pos satpam BLK Padang.

Program pelatihan kerja ini rencananya akan dilangsungkan selama 3,5 bulan. Pesertanya tidak dibatasi usia tetapi nantinya akan diseleksi karena kuota yang terbatas.

Menurut Syamsi Hari, program ini bertujuan untuk mencetak tenaga terampil. Mereka disiapkan untuk dapat bersaing di dunia kerja. Ia juga dilatih oleh tenaga profesional dan handal.

Saat ini, BLK Padang telah bekerjasama dengan beberapa industri. “Artinya, kesempatan untuk mendapat kerja setelah pelatihan, juga terbuka,” kata Syamsi.

Syamsi berharap, masyarakat memanfaatkan program ini. Untuk periode III ini, sub jurusan yang bisa diikuti, Gambaran Bangunan, Juru Ukur, Instalasi Penerangan, Teknisi Pendingin AC Split.

Lalu Basic Office, Teknisi Telepon Seluler, Teknisi Audio Video, Drafter Mesin, Jurus Las SMAW 3G, Perawatan dan Perbaikan 10.000 KM Sepeda Motor, Operator Instrumentasi dan Kontrol.

Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan bebas biaya pelatihan, makan siang, modul, dan baju kerja. “Untuk ikut pogram ini, seluruh peserta dibiayai oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia ,” pungkasnya.