Mau Mudik Gratis ke Padang, Begini Cara Daftarnya

Ilustrasi. Foto : indowarta.com
Ilustrasi. Foto : Indowarta.com
Ilustrasi. Foto : indowarta.com
Ilustrasi. Foto : indowarta.com

JAKARTA, KABARSUMBAR-Jelang libur hari raya Idul Fitri 2018, Kementerian Perhubungan RI kembali membuka program tiket gratis pada masa mudik 2018. Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut, kereta api, bus, dan truk khusus untuk mengangkut sepeda motor. Kota Padang menjadi salah satu kota tujuan mudik gratis pada hari raya Idul Fitri 2018.

Seperti dilansir dephub.go.id, bagi masyarakat yang berminat mengikuti program mudik gratis dapat mendaftar melalui website Mudikgratis.dephub.go.id.  Bagi pemudik yang menggunakan bus, lokasi keberangkatan yaitu, dari Monas Jakarta pada 9-13 Juni 2018, lalu Kantor Pemkab Tangerang 10 Juni 2018, Terminal Jatijajar Depok 11 Juni 2018 dan Kawasan Jababeka Cikarang 12 Juni 2018.

Tempat pendaftaran dan verifikasi, jam 09.00 – 17.00 WIB dan akan ditutup sampai 31 Mei 2018. Lokasi pendaftaran adalah di Kementerian Perhubungan Jakarta Pusat, Dishub Kabupaten  Tangerang, Dishub Kota Depok, Dishub Kota Bogor, Dishub Bekasi dan GOR Bulungan Blok M Jaksel.

Syarat Pendaftarannya adalah, KTP, Kartu Keluarga, STNK, SIM C. Semuanya dokumen dalam keadaan masih berlaku.

Ada pun tata cara pendaftaran, secara manual datang langsung ke tempat pendaftaran membawa syarat yang ditetapkan langsung verikasi dan dapat tiket keberangkatan. Sedangkan secara online, buka website mudikgratis.dephub.go.id , upload data dan persyaratan, dapat kode booking.

Diberi waktu 3 (tiga hari) untuk verikasi di tempat pendaftaran, apabila tidak lakukan verikasi maka kode booking hangus.

(rel)