Mengenal Sejarah Kota Serambi Mekah, Padang Panjang.

  • Bagikan
Foto : Internet.

Padang – Jika melakukan perjalanan ke Bukittinggi, kalian pasti akan melewati kota yang satu ini, yaitu kota Padang Panjang. Saat memasuki kota ini, kita akan di sambut dengan gerbang berucapan “Selamat Datang di Padang Panjang Kota Serambi Mekah, serta ikon tag line Kota Padang panjang.”

Kota Padang Panjang memiliki julukan Kota Serambi Mekah, dan juga dikenal dengan nama Mesir Van Andalas (Egypte Van Andalas). Padang panjang merupakan kota dengan dengan luas terkecil di Sumatera Barat (Sumbar).

Padang panjang memiliki sejarah panjang yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Penasaran dengan kota yang satu ini? berikut sejarah singkat tentang kota Serambi Mekah, yang wajib kalian ketahui!

Baca Juga :  3 Fakta Menarik tentang Kota Batusangkar, yang Terkenal Sebagai Benteng Perang Padri

Dahulu, Padang panjang merupakan bagian dari wilayah Tuan Gadang di Batipuh. Pada awal abad ke 18 kawasan ini di tetapkan sebagai salah satu pos pertahanan sekaligus jalan keluar untuk menundukkan kaum Padri yang pada saat itu menguasai Luhak Agam.

Setelah itu, karena lebih mudah dilalui, Belanda membuka jalan baru menuju Kota Padang. Hal ini dikarenakan jalur yang melalui daerah Kubung XIII (Kabupaten Solok sekarang) lebih sulit untuk diakses.

Padang Panjang sendiri pernah dijadikan sebagai pusat pemerintahan sementara Sumatera Tengah, setelah Kota Padang diduduki oleh Belanda pada agresi militer Belanda, tahun 1947.

Sesuai dengan peraturan ketua PDRI pada tanggal 1 Januari 1950, Padang Panjang masih belum menjadi kota, namun sebagai tempat kedudukan Wedana yang mengatur Kecamatan X Koto.

Baca Juga :  Buaya Berukuran 4 Meter Terlihat di Tepi Sungai Bungus Teluk Kabung Padang

Barulah, pada tahun 1956, Padang Panjang ditetapkan secara resmi sebagai Kota Kecil Padang Panjang, yang termuat dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1956.

Masyarakat memperingati ulang tahun Kota Padang Panjang pada tanggal 1 Desember, setiap tahunnya. Hal ini tercantum dalam Perda Padang Panjang nomor 17 tahun 2004 tentang penetapan hari jadi Kota Padang Panjang.

Nah, itu tadi sejarah singkat tentang Kota Padang Panjang yang wajib untuk kalian ketahui!

  • Bagikan