Napak Tilas Ketiga Tahun, Yayasan Minang Peduli Luncurkan Tiga Program Unggulan

PAYAKUMBUH, KABARSUMBAR – Menapaki usia ketiga tahun pengabdian di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Yayasan Minang Peduli (YMP) Luak 50 meluncurkan tiga program unggulan lada Minggu 24 Maret 2019.

Ketiga program itu pun didukung penuh oleh Pemko Payakumbuh, Kemenag Payakumbuh, dan Dinkes Payakumbuh, serta Pengurus Daerah Muhammadiyah (PMD) Payakumbuh.

Yayasan Minang Peduli merupakan yayasan sosial yang dalam pelaksanaan setiap programnya dibiayai oleh donasi dan sumbangan dari perantau yang tidak bersifat mengikat.

Ketua Bidang I Pendidikan dan Dakwah YMP Pusat, M Kadrial mengatakan, YMP didirikan di Jakarta pada tahun 2015 dan diketuai oleh Budianto, serta beranggotakan para perantau minang.

“Dalam praktiknya, YMP bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan dakwah yang telah diawali dengan kerjasama dengan Pemko Payakumbuh sejak 12 Februari 2016 lalu. Kegiatannya adalah melaksanakan Forum Dialog dan Training For Trainers (TFT) Parenting di bawah binaan Pakar Parenting Internasional yang juga merupakan Urang Awak, Ayah Irwan Rinaldi,” kata M. Kadrial.

Kadrial menjelaskan, dalam rangka usia ketiga tahun ini, YMP akan menandatangi MoU dengan tiga instansi, diantaranya Kemenag Payakumbuh, dan Dinkes Payakumbuh serta Pengurus Daerah Muhammadiyah (PMD) Payakumbuh.

MoU ini juga diketahui oleh Pemko Payakumbuh sebagai mitra YMP Luak 50 dan terus mendukung setiap kegiatan yang di lakukan fasilitator YMP Luak 50.

“Alhamdulillah, bersama Wakil Walikota Payakumbuh dan seluruh stakeholder terkait telah meluncurkan tiga program unggulan YMP Luak 50 yaitu Program Kelas Pra Nikah, Kelas Parenting, dan TFT Parenting untuk Mubaligh. Semoga misi memperkuat penerapan filosofi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah dapat terwujud dan memberikan edukasi tentang bagaimana pengasuhan orang tua kepada anak atau Parenting di tengah masyarakat,” jelasnya didampingi Ketua Panitia Napak Tilas, Sri Kemala Sandi Y.

M. Kadrial mengatakan untuk Program Kelas Pra Nikah akan memberikan beberapa materi kepada calon pengantin.

Sejumlah materi yang akan diajarkan menurutnya ialah materi keagamaan oleh Kemenag Payakumbuh, materi kesehatan oleh Dinkes Payakumbuh, dan materi psikologi oleh Psikolog serta materi bagaimana pola pengasuhan anak oleh orang tua bersama fasilitator yang ada di YMP Luak 50.

“Untuk Program Kelas Parenting sendiri adalah lanjutan dari program yang telah dilaksanakan sejak tiga tahun terakhir dimana fasilitator terjun langsung ke masyarakat memberikan pengetahuan tentang parenting. Kemudian Program TFT Parenting untuk Mubaligh merupakan kerjasama YMP Luak 50 dengan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PMD) Kota Payakumbuh dan Travel Umrah dan Haji Selatour,” katanya dihadapan Wakil Walikota Payakumbuh dan ratusan peserta Parenting Akbar di Aula SMKN 2 Payakumbuh.

Ia berharap agar pemerintah dapat menjadikan program parenting sebagai program prioritas dalam pendidikan sekolah dan program dinas instansi terkait. Sehingga nantinya akan menetapkan regulasi untuk mewujudkan program tersebut dapat tercapai dan memberikan dampak terhadap generasi muda Minangkabau, khususnya di Payakumbuh dan Limaluluh Kota.

“Hingga saat ini tercatat sebanyak 51.550 masyarakat yang telah menerima ilmu pendidikan pola asuh dari YMP Luak 50. Tidak hanya di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, tapi juga telah merambah ke Kota Bukittinggi. Kemudian YMP Luak 50 juga telah melakukan pembinaan terhadap sekolah dan daerah seperti SDN 11 Padang Kaduduak dan SDN 61 Kapalo Rimbo, SMPN 1 Payakumbuh, SMAN 3 dan 4 Payakumbuh, PAUD dan SD Yayasan Al Huffazh, Kelurahan Tanjuang Pauah, Kenagarian Mungka, Taeh Bukik, dan Lareh Sago Halaban,” terangnya.

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...