Pasar Raykat Kota Pariaman Siap diresmikan Presiden

  • Bagikan
Foto : internet

Pariaman – Pasar Rakyat Kota Pariaman dijadwalkan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada akhir bulan Maret ini. Informasi tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono melalui via telpon kepada Wali Kota Pariaman Genius Umar, Minggu 21 Maret 2021.

Menurut informasi dari Menteri Basuki mengkonfirmasi kedatangan Presiden Jokowi ke Kota Pariaman untuk peresmian itu. Setelah mendapat informasi tersebut, Genius kembali meninjau Pasar Pariaman pada Minggu sore.

Ia mengatakan, revitalisasi Pasar Pariaman dimulai pada Desember 2019 yang lalu. “Dibangun bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Nusantara di atas lahan seluas 5.431 meter persegi, dengan tinggi empat lantai,” katanya, sebagaimana dilansir dari situs resmi Pemko Pariaman.

Menurutnya, konsep pengembangan pasar rakyat tersebut untuk menunjang pariwisata di Kota Pariaman. Lokasinya berada di kawasan Pantai Gandoriah yang merupakan sentral tujuan wisata ke Kota Pariaman.

“Bangunannya pun nantinya sekaligus sebagai shelter ketika terjadi bencana. Untuk kenyamanan pengunjung dan pedagang didalam bangunan, juga disediakan eskalator,” ujar Genius.

Selain itu ia juga berharap dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh), mampu mendukung pemulihan ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, disebutkan Pasar Rakyat Pariaman akan diresmikan pada 31 Maret 2021 mendatang. Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan RI Frida Adiati sudah meninjau pasar tersebut pada Selasa 16 Maret 2021 sore. Peninjauan tersebut juga didampingi dari rombongan Kementerian PUPR dan jajaran Dinas PUPR Sumbar.

 

  • Bagikan