Pemkab Solok Fokus Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Bupati Solok, Gusmal di kegiatan Halal Bi Halal Dinas Pertanian Kabupaten Solok.
Bupati Solok, Gusmal di kegiatan Halal Bi Halal Dinas Pertanian Kabupaten Solok. Foto : Fernandez

Bupati Solok Gusmal mengharapkan para pencari kerja dapat menumbuhkan usaha rakyat dari pelatihan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Koto Baru, Senin (28/8/2017).

“Pelatihan ini adalah salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga masyarakat dan harapan kami seluruh peserta bisa lebih kreatif untuk mempraktekkannya di lingkungan masing-masing,” kata Bupati di Koto Baru usai membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan non institusional (MTU) bagi pencari kerja.

Ia mengatakan melalui kegiatan pelatihan dan kerja keras Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag) Koto Baru diharapkan akan tumbuhnya minat usaha rakyat yang memiliki daya saing di Kabupaten Solok.

“Peningkatan SDM adalah persoalan utama kita, melalui kegiatan ini akan tumbuh dan berkembang seluruh SDM masyarakat Nagari Koto Baru ini,” ujarnya.

Lanjutnya, sejauh ini Solok membutuhkan masyarakat yang berketerampilan untuk mendukung salah satu program pemerintah yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, UPT BLK Padang Panjang, Bakhtiar mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan SDM untuk seluruh para peserta atau pencari kerja.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 40 hari, pelaksanaan kegiatan selama delapan jam perhari dan semua bahan praktek disediakan,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Koto Baru Afrizal K Malin Batuah mengatakan pelatihan menjahit ini dimentori oleh BLK Padang Panjang dan diikuti oleh 16 orang peserta dari Nagari Koto Baru.

“Harapan kami BUMNag Koto Baru dapat berkembang, saat ini BUMNag Koto Baru telah ada konveksi yang akan kami kembangkan, pelatihan ini tentu akan menunjang pekerja,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri anggota DPRD Sumbar Mucklashin, anggota DPRD Kabupaten Solok Nosa Eka Nanda, Kepala Dinas (Kadis) Badan Keuangan Daerah, Kadis Sosial dan Kadis BPM Kabupaten Solok.

[Fernandez]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...