Pemko Solok Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

Solok Kota – Setiap tahunnya, peristiwa Nuzulul Quran ini banyak diperingati dengan berbagai acara misalnya saja kasidah, pentas seni, maupun acara syukuran. Namun berbeda dengan zaman Rasulullah, beliau memiliki kebiasaan saat peristiwa nuzulul quran dengan membaca Alquran.
Pemerintah Kota Solok menggelar peringatan Nuzulul Quran bertempat di Masjid Lubuk Sikarah Kota Solok yang diikuti oleh eselon II, II, IV, turut hadir Kakan Kemenag Kota Solok Afrizal, serta ustad Muhammad Arief, selasa (19/04).
Akan tetapi, seringkali banyak yang salah memahami keterangan antara nuzulul quran dan lailatul qadar. Istilah nuzulul quran ini biasa diperingati pada malam tanggal 17 Ramadan, sebagai malam di mana pertama kali Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW di Gua Hira melalui malaikat Jibril. Dalam memperingati malam nuzulul quran yang jatuh setiap tanggal 17 Ramadhan, terdapat sejumlah amalan yang bisa dilakukan agar meraih keberkahan dan pahala di malam nuzulul quran.
Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra yang hadir dalam acara tersebut mengajak kepada seluruh pejabat yang hadir untuk dapat senantiasa bermuhasabah akan kecintaan dalam membaca, memahami dan mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam Al -Quran.
“Kegiatan ini bentuk keseriusan pemerintah Kota Solok dalam mewujudkan Kota Solok yang diberkahi maju dan sejahtera, jadikanlah momentum ini untuk merefleksi diri untuk berubah lebih baik lagi kedepannya” tuturnya.
momen yang berharga di bulan Ramadan adalah malam nuzulul quran dan lailatul qadar. Kedua peristiwa ini merupakan ruang sejarah yang menentukan kehidupan dunia selanjutnya. Keduanya ini berhubungan langsung dengan proses turunnya Alquran. Dimana sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia.