Pemprov Sumbar Akan Jadikan Khatib Sulaiman Area Car Free Day Setiap Minggunya

"Gubenur Sumbar imbau masyarakat ikuti dan ramaikan CFD dari "Simpang Presiden" hingga Masjid Raya Sumatera Barat Khatib Sulaiman"

PADANG, KABARSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumbar (Pemprov) berkerjasama dengan Pemerintah Kota Padang (Pemko Padang) menjadikan jalan sepanjang Khatib Sulaiman, Kota Padang menjadi area hari bebas berkendaraan bermotor atau yang biasa dikenal dengan Car Free Day (CFD).

Gubenur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengatakan Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang akan dijadikan area CFD hingga Masjid Raya Sumatera Barat setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“CFD akan dimulai dari Masjid Raya Sumbar, sampai ke Rumah Makan Lamun Ombak. Jalan tersebut nantinya akan ditutup dan tidak boleh dilalui kendaraan bermotor setiap hari minggu,” ujarnya usai rapat persiapan Car Free Day Khatib Sulaiman di Istana Gubernur Padang, Selasa (15/1/2019).

Dikatakannya, area tersebut pada 20 Januari 2019 akan diresmikan menjadi lokasi CFD untuk melakukan aktivitas olahraga pagi bagi masyarakat di akhir pekan.

“Jadi semua orang bisa, berolahraga, jalan santai, bersepeda atau berkegiatan lain selama empat jam itu,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk ikut datang bersama keluarga meramaikan area CFD di Jalan Khatib Sulaiman tersebut sama halnya seperti tepi laut (Taplau) dan Gor H. Agus Salim setiap pagi di akhir pekan. Karena nantinya ini akan jadi ikon CFD di Sumbar.

“Kami juga mengundang berbagai komunitas, cabang olahraga dan kantor serta toko di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman untuk ikut serta,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Adib Alfikri mengungkapkan pada Minggu (20/1/2019) nantinya Gubenur Sumbar Irwan Prayitno akan melauncing Car Free Day Khatib Sulaiman.

Sebelum melaksanakan acara tersebut pihaknya telah melakukan survei di Jalan Khatib Sulaiman dan ruas jalan itu relatif lengang setiap Minggu pagi sehingga pengalihan arus kendaraan tidak terlalu sulit dilakukan.

Terkait jalur alternatif, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub Kota Padang dan pihak kepolisian sehingga CFD bisa berjalan baik.

“Sudah dilakukan survei, kepadatan di Jalan Khatib Sulaiman. Nantinya, Bus Trans Padang akan dialihkan,” jelasnya.

Selain itu, berkaca di Gor H. Agus Salim yang penuh dengan pedang kuliner dan parkiran sesak. CFD Khatib Sulaiman nantinya akan ditata dengan rapi sehingga menjadi salah satu faktor penarik bagi masyarakat.

“Seperti perkantoran di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman akan dijadikan tempat parkir dan area untuk UMKM berjualan. Tetapi trotoar, badan jalan tidak boleh digunakan untuk berdagang,” katanya.

Dikegiatan tersebut kata Adib, akan diisi dengan jalan santai, aktivitas olahraga masyarakat, senam zumba dan jantung sehat, donor darah, pemeriksaan kesehatan, ploging (pemungutan sampah), budaya dan pesta rakyat.

Secara teknis, pelaksanaan Car Free Day akan dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar dengan mengundang sejumlah pihak terkait untuk terlibat memeriahkan acara tersebut.

(Putri Caprita)

Loading...

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...