Kampus  

Peran Penting Bazar di Lingkungan Kampus Bagi Mahasiswa

Foto : Nurul Muthmainnah

KABARSUMBAR – Perut kenyang sejahtera dengan budget pas-pasan selalu menjadi stereotype para mahasiswa ketika berada di lingkungan kampus. Stand-stand yang berdiri dan berjualan dalam beberapa waktu selalu ramai dan menjadi tujuan para mahasiswa dikala lapar, baik menjelang maupun selepas kelas pada saat jam perkuliahan.

Hal yang menarik dari adanya bazaar di lingkungan kampus adalah banyaknya pilihan-pilihan makanan dan minuman yang bervariasi dengan harga yang terjangkau serta memudahkan para mahasiswa yang tinggal di kos-kosan agar dapat mengisi perut dengan menu yang bervariasi dan makanan serta cemilan yang tidak membosankan.

Tidak hanya persoalan perut, bazar yang diadakan tentunya juga sangat membantu dalam bekerja sama untuk mengadakan dan memeriahkan event-event yang diadakan oleh mahasiswa, baik itu event universitas, fakultas, organisasi, unit kegiatan mahasiswa, hingga event yang diadakan oleh himpunan mahasiswa.

Event Bazar Ajarkan Kerjasama Antara Mahasiswa dan Lingkungan Sekitar

Kerja sama antara pengusaha yang berbisnis di bazar dengan mahasiswa yang mengadakan event sering kali bersifat saling menguntungkan satu sama lain. Dagangan di stand banyak yang berujung laris, event yang diadakan oleh mahasiswa dapat berjalan dengan mudah dan meriah dari adanya kerja sama tersebut. Maka dari itu lokasi di kampus merupakan lokasi yang sangat strategis untuk bazaar dilaksanakan. Bahkan selain mahasiswa, seluruh tenaga kerja dan tenaga didik kampus hingga masyarakat umum juga turut mengunjungi bazaar-bazaar yang diadakan.

Dengan adanya hubungan yang bersifat mutualisme dalam bazar di lingkungan kampus, tentunya juga dapat berpengaruh baik dari berbagai aspek. Seperti segi ekonomi terhadap umkm, segi pendidikan dimana mahasiswa dapat belajar dengan perut yang sejahtera, segi sosial dari adanya jaringan kerja sama yang baik antara pihak kampus dan luar kampus. Sehingga kondisi yang sangat kondusif seperti ini tentunya perlu juga dipertahankan.

Nurul Muthmainnah

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.