Peringati HUT Baznas Ke 21, Baznas Pasbar Gelar Beberapa Kegiatan

Peringati HUT Baznas Ke 21, Baznas Pasbar Gelar Beberapa Kegiatan

Pasaman Barat – Momentun HUT Baznas ke 21, yang jatuh pada 17 Januari 2022 (17 Januari 2021-17 Januari 2022), dengan mengusung tema ‘Lembaga Utama Sejahterakan Ummat, Baznas Pasaman Barat melakukan ‘Baznas Peduli, melakukan Baznas Peduli, Baznas Berbagi dan Silaturrahmi, kegiatan tersebut di laksanakan di Kantor Baznas Pasbar, Simpang Empat pada Jumat -Senin 14 Januari 2022.

Ketua Baznas Pasaman Barat, Muhajir, didampingi empat Komisioner Sutarman, Muhammad Jamil, Starmon, Agustar beserta jajaran Staff kepada awak media mengatakan momentum peringatan hari lahir Baznas kali ini pihaknya mengemas dengan kesederhanaan, yakni melakukan beberapa kegiatan, seperti di antaranya ialah Baznas Peduli yakni Anjang sana ke Panti Asuhan Zamiga di Parit Kecamatan Koto Balingka, Panti Asuhan Bunda Berbagi di Simpang Empat dan Panti Asuhan di kecamatan Talamau.

“Silaturahmi bersama Insan Pers Pasbar, menjadi deretan acara Hut Baznas, semoga sinergitas dan kemitraan ini akan memberikan hal yang positif bagi kedua belah pihak.” ungkap Muhajir.

Dijelaskan Muhajir, Bersama pemerintah Daerah Pasbar pihaknya selalu menjalin komunikasi terkait pelaksanaan kegiatan pengumpulan, penyaluran dan pendayagunaan zakat. Dari Muzakki (Zakat ASN) hingga tersampaikan kepada Mustahik (penerima zakat).

“Kepada Pemda Pasbar, kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan sebagai mitra utama Baznas Pasbar, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pelayanan kepada ummat.” jelas Muhajir.

Lanjut Muhajir, tanpa dukungan dari berbagai pihak, baik Pemda, Forkopimda, LSM, Pers dan lain sebagainya Baznas Pasbar akan sulit dalam menjalankan tupoksinya.

“Pada Senin Mendatang, kami juga akan menyalurkan Zakat kepada 40 Mustahik di Kenagarian Kajai, dengan keterbatasan dana kami berharap kiranya untuk daerah lain agar bersabar, tentunya akan kita usahakan menjangkau seluruh yang ada sesuai dengan Asnaf dan ketentuan yang berlaku.” kata Muhajir.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto, mengatakan ucapan selamat Hut Baznas khususnya di Pasbar.

“Atas nama Wabup Pasbar, saya ucapkan selamat kepada Baznas. Semoga selalu menjadi lembaga yang utama dalam mengayomi ummat. Tentunya pihak pemda sebagai mitra akan senantiasa selalu mendukung program-program Baznas.” kata Wabup Risnawanto.

Menurut Risnawanto, bersama Pemda Pasbar pihaknya akan mengusahakan pembangunan gedung baru untuk Baznas Pasbar, agar memiliki bangunan sendiri. Hal itu dilakukan dalam rangka mendorong dan mendukung Baznas Pasbar untuk lebih baik ke depanya.

“Di usia masih yang dini, kepengurusan Baznas Pasbar yang baru sangat membutuhkan dukungan dari seluruh elemen yang ada, Baznas hadir sebagai lembaga membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan warga Pasbar, tentunya harus sesuai dengan ketentuan Syar’i dan peraturan yang berlaku”. jelas Risnawanto.

Untuk diketahui selama empat bulan kepengurusan Baznas Pasbar sudah Rp2,12 miliar dana Baznas yang disalurkan kepada mustahik. Melalui program Pasaman Cerdas 605 mustahik dengan santunan Rp767.500.000. Program Pasaman Barat sehat (berobat) telah disalurkan 296 mustahik dengan santunan Rp444.500.000. Program Pasbar Iman dan Taqwa dengan santunan untuk mualaf 3 mustahik Rp15 juta.

Program Pasbar Peduli kebakaran 5 mustahik Rp18 juta. Pasaman Barat sejahtera (bedah rumah) 23 mustahik Rp439 juta. Bantuan modal usaha 164 mustahik dengan bantuan Rp328 juta. Total mustahik 1.097 mustahik dengan total dana yang sudah didistribusikan sebesar Rp2.012. 000.000.

Untuk mendukung kinerja Baznas pihaknya juga telah membentuk UPZ (unit pengumpul zakat) di tingkat kecamatan, kedepan juga akan melakukan evaluasi.