Sambut 1 Muharram, Desa Kampungbaru Pariaman Gelar Lomba MTQ

PARIAMAN, KABARSUMBAR – Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman menggelar perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se-desa tersebut.

Perlombaan ini digelar dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah yang jatuh pada Selasa, 11 September 2018, nanti. MTQ yang rencananya diadakan pada 7 hingga 8 September 2018 bertempat di Kantor Desa Kampungbaru.

“Maksud MTQ ini diadakannya pada hakikatnya adalah untuk mensyiarkan Alquran disamping mencari yang terbaik untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya, tapi intinya adalah syiar Alquran itu sendiri. Dengan syiar itu pula dituntut bahwa seseorang itu tidak hanya pintar membaca dan menulis, tapi jauh lebih penting adalah memahami isi kandungan Alquran itu sendiri,” kata Kepala Desa Kampungbaru Mahyuddin Akang di kantornya, Selasa (4/9/2018).

Cabang yang dilombakan dalam Lomba MTQ ini ada sebanyak empat cabang yakni Cabang Tilawah,Tartil Qur’an, Tahfiz Qur’an dan Shalat Jenazah.

“Untuk peserta lomba sendiri adalah santri terbaik utusan dari masing-masing empat orang dari tiga MDTA yang ada di Lingkungan Desa Kampungbaru. Sedangkan peserta yang pernah mengikuti lomba dan menjadi terbaik satu tidak boleh mengikuti lomba yang di adakan di empat cabang tadi. Dan untuk peserta hanya boleh mengikuti satu cabang MTQ saja,” jelasnya.

Untuk pendaftaran peserta akan berahir pada 6 September 2018 dan panitera langsung membagikan Maqra’ (surat yang akan dibaca) kepada para peserta yang mendaftar. Sedangkan untuk pemenang MTQ panitia sudah menyediakan piala dan bingkisan.

[Rizki Pratama]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...