Survei LIPI, Anies Baswedan Paling Terpilih Dampingi Prabowo

Anies Baswedan usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta
Anies Baswedan usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Foto : Tempo
Anies Baswedan usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta
Anies Baswedan usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Foto : Tempo

JAKARTA, KABARSUMBAR – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pilihan terbanyak responden sebagai bakal Cawapres (calon Wakil Presiden) mendampingi Prabowo Subianto.

Pilihan itu keluar dalam survei yang dilakukan Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI dengan melibatkan 2.100 responden.

Dari hasil survei tersebut, Anies Baswedan meraih nilai tertinggi dengan 23,1 persen, disusul Gatot Nurmantyo 20 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 15,7 persen.

“Posisi cawapres untuk Prabowo teratas diisi Anies (23,1 persen), Gatot (20 persen), dan AHY (15,7 persen),” kata peneliti senior P2P LIPI Wawan Ichwanuddin dalam paparan hasil survei di Hotel Century Park, Jakarta, Kamis (19/7/2018) dikutip Detik.com.

Sedangkan untuk Joko Widodo (Jokowi), responden berdasarkan survei LIPI paling banyak memilih Prabowo Subianto sebagai cawapresnya. Pada posisi kedua, Anies Baswedan dipilih 11 persen responden.

“Menariknya, 12,7 persen pemilih Jokowi menyebutkan Prabowo Subianto sebagai cawapres yang paling tepat untuk mendampingi Jokowi. Nama lain yang paling banyak disebutkan berikutnya adalah Anies Baswedan 11 persen, Gatot Nurmantyo (10,2 persen), AHY (8,1 persen), JK (7,2 persen), dan Ahok (6,7 persen),” sambung Wawan.

Survei LIPI melibatkan 2.100 responden, dengan perkiraan margin of error (MoE) sebesar +/- 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh enumerator yang telah dilatih dengan instrumen kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 19 April-5 Mei 2018.