Tidak Hanya Daging Sapi, Ini Variasi Rendang yang Ada di Sumatera Barat

Olahan rendang jengkol terasa lezat dan enak. Foto: Internet

Padang – Rendang merupakan kuliner khas Sumatera Barat yang terkenal hingga ke mancanegara. Rendang terbuat dari bahan alami dan rempah-rempah pilihan, yang membuat tahan lama. Selain daging, ada beberapa olahan lainnya yang biasa dijadikan rendang.

Selama ini, masyarakat lebih familiar dengan rendang daging sapi, Ternyata. ada beberapa jenis ide olahan rendang lainnya di Sumatera Barat, diantaranya:

1. Rendang Telur

Rendang Telur banyak ditemui di daerah Payakumbuh. Foto: Internet

Rendang telur merupakan rendang khas Payakumbuh, Sumatera Barat. Rendang ini memiliki tampilan berbeda dari rendang pada umumnya. Jika kamu ingin membuat rendang dirumah, tetapi tidak ada daging maka kamu bisa menggunakan telur ayam untuk membuatnya.

Proses pembuatan rendang telur cukup lama. Karena pertama-tama adonan telur dan tepung didadar tipis kemudian dipotong kecil. Lalu telur dadar yang telah dipotong kecil-kecil digoreng bersama bumbu hingga teksturnya mengeras seperti keripik.

2. Rendang Pakis

Sayur pakis atau paku yang diolah dengan bumbu rendang. Foto: Internet

Rendang pakis disebut juga dengan rendang paku. Makanan ini dibuat dengan campuran bumbu rendang serta tumbuhan pakis dan dimasak hingga kuahnya mengering.

Makanan ini merupakan salah satu sajian wajib dalam berbagai acara. Rendang pakis lebih dipercayai kesehatannya dibandingkan dengan rendang daging.

3. Rendang Lokan

Kerang atau lokan banyak ditemui di daerah Pesisir Selatan. Foto: Internet

Rendang lokan atau rendang kerang merupakan jenis rendang yang banyak ditemukan di daerah Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Rendang lokan ini terbuat dari kerang jenis air tawar yang berukuran cukup besar. Olahan rendang lokan ini biasanya juga menambahkan daun pakis atau daun singkong agar rasanya lebih enak.

4. Rendang Itik

Daging itiak yang lembut menambah citarasa pada rendang. Foto: Internet

Proses pembuatan rendang itik lebih cepat dibandingkan rendang daging sapi. Karena rendang itik memiliki tampilan yang lebih basah dan berminyak.

5. Rendang Jariang

Olahan rendang jengkol terasa lezat dan enak. Foto: Internet

Rendang jariang merupakan sebutan orang Minang untuk rendang jengkol. Proses pembuatannya diawali dengan merebus jengkol kemudian diolah bersama bumbu-bumbu khas rendang.

Rendang jengkol memiliki tampilan yang sama dengan semur jengkol, tetapi tampilan rendang jengkol terlihat lebih kering dan memiliki rasa bumbu rendang yang begitu kuat.

Itulah lima olahan rendang selain daging sapi. Untuk perantu asal Sumatera barat, makanan ini wajib menjadi pilihan oleh-oleh untuk rekan kerja.