Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Desa Sikapak Barat Adakan Pelatihan Sulaman

Pariaman – Pemerintah Desa Sikapak Barat bersama Balai Diklat Industri Padang mengadakan pelatihan sulaman bagi masyarakat setempat.

Hal itu dilakukan dalam rangka melakukan peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Sikapak Barat Suhardi saat meninjau pelatihan tersebut di Gedung Serbaguna Kantor Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman, Jumat 14 Februari 2020.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 15 hari dimulai pada Selasa 11 Februari 2020 hingga Kamis 27 Februari 2020 mendatang.

Ia pun berharap, hal ini dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat desa.

“Sebelumnya, pelatihan ini sudah kita usulkan pada Tahun 2019 lalu dan alhamdulillah telah dilaksanakan pada tahun ini,” katanya.

Sebanyak 50 orang peserta mengikuti pelatihan sulaman yang di adakan di Gedung Sebaguna Kantor Desa Sikapak Barat.

Peserta yang mengikuti tidak hanya dari warga yang berdomisili di Desa Sikapak Barat saja, namun ada beberapa warga dari desa tetangga.

“ Dari total peserta ada 38 orang warga Desa Sikapak Barat, 6 orang warga Desa Cubadak Air Selatan, 3 orang warga Tunggkal Selatan dan 3 orang warga Tungkal Utara. Secara tidak langsung, kita juga memberikan pengetahuan dan membantu ekonomi keluarga. Artinya, ada kedekatan dari masing-masing peserta dari warga Desa Sikapak Barat dengan warga dari desa tetangga ini sekaligus bisa bersilaturahmi,” sambungnya.

Lebih lanjut ia juga menuturkan bahwa kamipun telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindagkop dan UKM kota Pariaman tentang persoalan yang nantinya dihadapi dan mohon dibantu tentu secara prosedur.

“Kepada peserta nantinya mau mengembangkan usaha agar di desa kami ini juga ada usaha-usaha sulaman ini tidak hanya di Desa Naras. Oleh sebab itu, seandainya mereka sudah memiliki kompetensi dalam menyulam, maka mereka khusunya wanita-wanita dari desa kami maupun desa tetangga dengan hasil sulaman yang mampu bersaing dan bisa menghasilkan penghasilan sendiri sehingga perekonomian keluarga bisa terbantu “ pungkasnya.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...