Tahun 2018, UIN Imam Bonjol Terima 3.200 Mahasiswa Baru

UIN Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang

Padang – Penerimaan mahasiswa baru tahun 2018, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membuka kuota penerimaan mencapai 3.200 kursi terdiri dari 6 fakultas yang terbagi 26 prodi.

Staf Penyusun Administrasi Akademik UIN Imam Bonjol, Zul Fendri mengatakan, jika 3.200 kursi itu terbagi dalam tiga jalur penerimaan.

Adapun tiga jalur penerimaan itu terdiri dari 1.600 kursi untuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN), kemudian 1.600 kursi untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPBM-Mandiri).

“Jika dipersenkan, 50 persen kuotanya untuk SPAN-PTKIN, 30 persen dari UM-PTKIN dan 20 dari SPBM-Mandiri,” kata Zul Fendri di UIN Imam Bonjol, Kota Padang, Rabu (9/5/2018).

Zul Fendri menambahkan, jika untuk pendaftarannya, saat ini untuk SPAN-PTKIN telah ditutup, sedangkan untuk SPAN-PTKIN dan SPBM-Mandiri masih dibuka.

“Untuk SPAN-PTKIN sudah ditutupm saat ini masuk tahap verifikasi dan proses pendaftaran ulang yang dilakukan secara manual oleh para pendaftar,” ujarnya.

Selain itu, UIN Imam Bonjol sendiri dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini lebih memprioritaskan peserta dari daerah Sumatera Barat.

“Sedangkan, peserta yang mendaftar dari lain yang lebih dominan selain Sumbar, ada Sumatera Utara, Jambi dan Riau,” jelas Zul Fendri.

[Andesma Chandra]