Bangun Kampung Halaman, Perantau Dan Nagari Harus Bersinergi

Arosuka -Bupati Solok Gusmal melantik Pengurus Ikatan Keluarga Perantau Muaropaneh (IKPM) DPW Bali periode 2019-2024 di Gedung Serbaguna IKMS  Bali Awal Minggu ini. Peranan organisasi perantauan dalam membangun nagari, patut diapresiasi, banyak organisasi kenagarian di Kabupaten Solok, yang memiliki ciri khas dalam membangun kampung halamannya.

Gusmal mengatakan pihaknya senantiasa memberi dukungan, terhadap segenap pengurus dan seluruh warga, agar dapat bekerja demi kepentingan warganya. “Basamo mako manjadi, oleh sebab itu, kerjasama antara pengurus dan warga, dapat menjadi kekuatan, khususnya untuk kepentingan bersama,” terangnya.

Menurut Gusmal, untuk membangun nagari, tidak harus mengandalkan APBD, namun dapat melalui sinergitas antara Pemda, Eksekutif, Ormas dan masyarakat itu sendiri, untuk membangun kampung halaman.”Kondisi daerah kita, telah berangsur menuju arah yang diinginkan, oleh sebab itu, agar hasil lebih maksimal, mari kita bergandengan tangan membangun nagari kita,” ajak Gusmal.

Rifo Darma Saputra selaku Ketua DPP IKPM Pusat mengatakan, sejak didirikan 26 tahun lalu, IKPM kini telah mengalami 4 periode kepengurusan. Karena itu, senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi warga Muaropaneh, karena kiprah IKPM selalu bersinergi dengan induk organisasi peratauan IKMS. “Bantuan dan support yang akan diberikan Bupati Solok, tentunya dapat meningkatkan pelaksanaan program dan kegiatan, demi melestarikan adat dan budaya, khususnya bagi organisasi ini,” jelasnya.

Dikatakan Rifo, status legalitas atau proses perizinan organisasi DPP IKPM akan segera selesai, sehingga diharapkan dapat membuat organisasi berjalan lebih lancar, dalam program dan kegiatan, dengan mentaati peraturan hukum organisasi yang berlaku.

Selama ini, menurut Rifo, IKPM Bali selalu menjadi organisasi andalan bagi IKPM Pusat, dalam berbagai hal, seperti pulang basamo, penggalangan dana dan kegiatan sosial. Dia berharap Ketua IKPM yang baru, dapat memberikan pelayanan dan pengayoman terbaik bagi daerah, dan melanjutkan kesuksesan selama ini.

Fernandez

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...