Di Malaysia, Perantau Palembayan Gelar ‘Pulang Basamo’

Wakil Bupati Agam bertukar cendera mata dengan perantau Palembayan yang menggelar Pulang Basamo.
Wakil Bupati Agam bertukar cendera mata dengan perantau Palembayan yang menggelar Pulang Basamo.

Perantau dari Palembayan di Malaysia dan Indonesia menggelar ‘Pulang Basamo’ (pulang bersama) dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah. Kegiatan ini sendiri diikuti setidaknya oleh 70 orang perantau yang diketuai Arief Ragina.

Pulang Basamo itu dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Palembayan, Kamis (31/8/2017), dihadiri jajaran Pemerintahan Kabupaten Agam dan Masyarakat Palembayan dalam rangka ‘Mampaharek Silahturahmi Antar Rantau jo Kampung Halaman’.

Wabup meminta perantau Agam untuk selalu menjalin komunikasi dan kekompakan antar maupun keluarga di kampung. Untuk itu, pihaknya mengharapkan dengan adanya perkumpulan para perantau ini bisa membangun sinergisitas di kampung halaman.

“Kami sangat bangga, karena peran dan kontribusi para perantau begitu besar terhadap lajunya pembangunan di Kecamatan Palembayan,” kata Wabup.

Menurut Wabup, Pemkab Agam telah melakukan berbagai percepatan pembangunan di Palembayan, yang melibatkan pihak kecamatan dan nagari.

“Saat ini telah dijadikan Palembayan sebagai sentral ekonomi baru dengan program Gelora Palembayan, dan untuk tahun ini Pemkab Agam telah mengerakan sumber daya manusia dalam bentuk Gerakan Nagari Madani,” seru Wabup.

Sementara itu, Ketua Perantau Arief Ragina mengatakan, telah mendirikan perkumpulan para perantau di Malaysia yang beranggotakan 200 orang. Disamping itu, pihaknya sudah merancang program pulang kampung.

“Kami sangat mendukung program pembangunan yang dilaksanakan di Palembayan, terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, seperti pertanian, peladangan, dan ecotourism,” kata Arief.

Kegiatan yang berjalan baik dan lancar itu, dilanjutkan dengan tukar cendramata dari Ketua Perantau Arief Ragina kepada Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, dan Camat Palembayan.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...