Indeks

Dinkes Sumbar Sediakan Mobil Swab Keliling Gratis

  • Bagikan
Dinkes Sumbar Sediakan Mobil Swab Keliling Gratis
Mahyeldi Tinjau mobil swab keliling

Padang – Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat berikan bantuan mobil swab keliling gratis untuk membantu kabupaten dan kota memperbanyak tes usap atau swab antigen dan PCR (polymerase chain reaction).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Arry Yuswandi mengatakan, pada Juli ini, kegiatan tes antara lain sudah diadakan di Sawahlunto dan Kota Solok. Hal tersebut untuk tracking kontak erat positif covid-19 di Sumbar.

“Di Sawahlunto pada 7 Juli 2021 saat kegiatan HUT Bhayangkara bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” katanya.

Pada kegiatan tersebut telah dilakukan pengambilan sempel, yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto Bidang Yankes.

“Pada kegiatan di Sawahlunto pengambilan sampel sebanyak 23 orang,” katanya sebagaimana rilis Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov, Jumat 23 Juli 2021.

Ia juga mengatakan, pada 23 Juli 2021 di Kota Solok mobil unit swab keliling ini juga telah melakukan kegiatan serupa.  Selanjutnya kegiatan mobil swab keliling menyesuaikan dengan kegiatan yang ada di dinas kesehatan kabupaten dan kota.

Menurut Arry Yuswandi, peluncuran operasional mobil swab tersebut sudah dilakukan sejak 24 Mei yang lalu. Mobil milik UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumbar itu akan terus dioperasikan memback-up penanggulangan Covid-19 di 19 kabupaten dan kota.

  • Bagikan