Genjot Produksi Kedelai, Pemkab Agam Cadangkan 475 Hektar Lahan

Ilustrasi kedelai
Ilustrasi kedelai
Ilustrasi kedelai
Ilustrasi kedelai

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menyiapkan lahan seluas 475 hektare untuk perluasan area tanam pada empat Kecamatan. Hal ini dilakukan untuk menggenjot produksi tanaman kedelai di daerah tersebut.

“Untuk memacu peningkatan produksi kedelai dengan areal seluas 475 hektar akan dikembangkan untuk penananam kedelai tahun 2017, dibanding tahun 2016 luas tanam kedelai seluas 54,7 hektar dengan produksi 18 ton,” kata Sekretaris Dinas pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu di Lubuk Basung, Selasa,(17/10/2017).

Ditambahkan Arief, penambahan area tanam ini diharapkan meningkatkan produksi kedelai di Kabupaten Agam.

Dimana, pengembangannya akan difokuskan pada empat kecamatan diantaranya, Kecamatan Tanjung Raya seluas 104 hektar, Tanjung Mutiara 131 hektar, Palupuh 115 hektar dan Kecamatan Palembayan 125 hektar.

“Diharapkan para petani penerima manfaat pengembangan kedelai ini nantinya akan dibantu saprodi berupa benih, pupuk urea, pestisida dan lainya yang sesuai dengan diperuntukannya,” jelas Arief.

Selain itu, pihaknya berharap, hasil panen kedelai ini nantinya akan dikelola dan dikembangkan kembali oleh petani sebagai benih untuk ditanam.

“Sehingga luas tanam kedelai di Kabupaten Agam terus bertambah dan petani tidak kesulitan untuk mendapatkan benih kedelai yang baik,” harapnya.